Wapres Lepas Keberangkatan Perdana Jamaah Haji Jatim

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Fernan Rahadi

Wakil Presiden KH Ma
Wakil Presiden KH Ma | Foto: ANTARA/Syaiful Arief

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO -- Sebanyak 449 calon jamaah haji kloter pertama asal Jawa Timur secara resmi diberangkatkan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melalui Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Sabtu (4/6/2022). Ma'ruf Amin menyatakan, pemberangkatan haji kloter pertama ini menjadi istimewa lantaran menjadi kali pertama dilakukan setelah dua tahun ditiadakan akibat pandemi Covid-19. 

"Hari ini kita memberangkatkan 449 jamaah dari Jawa Timur. Mereka berasal dari Tuban dan Bojonegoro menuju tanah suci," kata Ma'ruf Amin.

Ma'ruf Amin mengatakan, pemberangkatan ibadah haji tersebut harus disyukuri karena menjadi penanda pandemi Covid-19 berangsur pulih. Ma'ruf Amin berharap, untuk tahun-tahun selanjutnya penyelenggaraan haji kembali normal seperti sedia kala.

"Mudah-mudahan tahun depan kita sudah bisa normal. Karena itu, haji tahun ini semacam ukuran atau penilaian apabila berjalan baik Insya Allah tahun depan normal kembali," ujarnya.

Ma'ruf Amin juga mengingatkan jamaah selama menunaikan ibadah haji agar menjaga kesehatan. Sebab, kata dia, wabah Covid-19 belum sepenuhnya hilang. Jamaah juga diingatkannya untuk dapat menyesuaikan cuaca di Arab Saudi yang cukup panas. 

"Harus bisa menjaga kesehatan karena cuaca di sana panas, sehingga bisa menjalankan ibadah dengan baik. Dengan demikian, jamaah haji bisa kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur," kata Ma'ruf Amin.

Terkait petugas dan fasilitas yang melayani jamaah haji, Ma'ruf Amin menegaskan semuanya telah dipersiapkan dengan baik. Mulai tim medis hingga pelayanan fasilitas di tanah suci disebutnya sudah dipersiapkan dan akan terus ditingkatkan. Dalam upaya menurunkan angka kematian jamaah haji, Ma'ruf Amin menuturkan, telah memperkuat tim kesehatan, persediaan obat-obatan, serta pelayanan rumah sakit darurat di Mekkah, Madinah, dan bandara. 

"Semua jamaah dipantau dan dari tahun ke tahun menurun serta terus kita evaluasi apa yang kurang," kata dia.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


Perusahaan Al-Zamazemah Siapkan Program Khusus Distribusi Air Zamzam Selama Musim Haji

BSI Siap Layani Lebih dari 80 Persen Jamaah Haji Indonesia

Tingginya Minat Haji Domestik Kurangi Peluang Kualifikasi Haji

Arab Saudi Sambut Jemaah Haji Asing Pertama Sejak Pandemi Covid-19

Bandara Adi Soemarmo Siapkan Lima Tempat Parkir untuk Pesawat Haji

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark