Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Tiga Alat Musik Ini Ternyata Berasal dari Timur Tengah

Senin 27 Jun 2022 22:39 WIB

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Anggota Scottish Link Pipe Band memainkan alat musik bagpipe khas Skotlandia, Inggris dalam parade di Paulista Avenue, Sao Paulo, Brasil. Tiga Alat Musik Ini Ternyata Berasal dari Timur Tengah

Anggota Scottish Link Pipe Band memainkan alat musik bagpipe khas Skotlandia, Inggris dalam parade di Paulista Avenue, Sao Paulo, Brasil. Tiga Alat Musik Ini Ternyata Berasal dari Timur Tengah

Foto: Reuters/Scottish Link Pipe Band/Handout
Umat Islam memasukkan instrumen sebagai bagian dari perayaan dan sebelum bertempur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam hal silsilah musik, kredensial musik Timur Tengah tidak diragukan lagi. Musik keseluruhan di kawasan ini mencakup semua hal mulai dari komposisi klasik Umm Kulthum hingga suara kasar dan mentah dari adegan Mahraganat.

Namun, tidak berarti warisan musik ini sesuatu yang baru atau diperkenalkan oleh orang luar. Faktanya, musik Timur Tengah memiliki sejarah panjang.

Baca Juga

Komposisi musik tertua yang masih ada di dunia, Seikilos Epitaph dari abad pertama masehi, ditemukan di sebuah kuburan di tempat yang sekarang disebut Turki. Bahkan yang lebih tua adalah Himne Hurrian Nomor Enam yang berusia 3.500 tahun, yang kemungkinan besar awalnya dipentaskan di daerah yang sekarang meliputi Timur Dekat dan Turki selatan.

Bukti tertua dari notasi musik juga dapat ditemukan di wilayah tersebut pada lempengan tanah liat Sumeria yang berusia sekitar 6.000 tahun. Sebelum Islam berkembang, puisi sering dinyanyikan para pengembara yang menempuh jarak jauh dengan menunggangi unta.

Sedangkan setelah berdirinya agama, umat Islam memasukkan instrumen seperti perkusi sebagai bagian dari perayaan dan persiapan pertempuran. Sejumlah ulama besar Islam dan juga musisi, termasuk Al-Farabi, seorang filsuf yang menulis tentang teori musik dan Al-Ghazali yang menulis tentang manfaat terapeutik musik, memperingatkan agar tidak mendengarkannya terlalu berlebihan.

"Oleh karena itu, hiburan adalah obat hati dari kelelahan sehingga harus diperbolehkan," tulis ulama besar Persia itu.

Jadi tidak mengherankan sejumlah alat musik ditemukan di wilayah tersebut.

Berikut merupakan alat musik timur tengah dan asal-usulnya yang perlu Anda ketahui, seperti dilansir di Middle East Eye.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile