Ahad 05 Jun 2022 21:13 WIB

IKEA Rambah Pasar Camilan Cokelat, Lirik Cokelat Asli Indonesia

IKEA menggandeng PT Aneka Coklat Kakoa menyajikan camilan cokelat.

Rep: Santi Sopia/ Red: Nora Azizah
Kolaborasi IKEA Indonesia dan Aneka Coklat Kakoa, hadirkan tujuh barian cokelat hitam dengan rasa khas dan unik.
Foto: Republika/Santi Sopia
Kolaborasi IKEA Indonesia dan Aneka Coklat Kakoa, hadirkan tujuh barian cokelat hitam dengan rasa khas dan unik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cokelat hitam terbuat dari sebagian besar komposisi biji tanaman kakao. Cokelat hitam memiliki warna yang lebih tua atau gelap, serta rasa cukup pahit yang khas.

Tetapi jika kakao ditanam di tanah yang dekat dengan tumbuhan lain, biasanya akan ada pengaruh pada rasa yang dihasilkan. Sensasi dari paduan pahit, manis dan sedikit asam membuat coklat hitam layak dinikmati sebagai camilan ataupun pengganjal perut.

Baca Juga

Food Storyteller, Ade Putri, misalnya, menyukai paduan coklat hitam dengan teh putih. Tekstur lembut coklat hitam pilihan dapat memberi rasa tanang dan menyenangkan dalam setiap gigitan.

“Setiap jalan-jalan ke daerah kan yang dicari oleh-oleh, nah kebanyakan itu keripik, kerupuk, ternyata ada juga coklat, kemasannya lucu-lucu, aku suka varian Sulawesi walaupun dark tapi tenang, nyaman di mulut, cocok dinikmati dengan teh putih,” kata pemilik akun Instagram @misshotrodqueen di IKEA Cakung, Jakarta, belum lama ini.

Ade mengaku awalnya berpikir kualitas coklat yang bagus hanya berasal dari luar negeri. Ternyata Indonesia sangat kaya akan jenis kakao dan kualitasnya yang tidak kalah bagus.

“Ternyata produk lokal itu oke, punya rasa khas tersendiri, jadi sesuatu khas dari daerah masing-masing,” kata dia.

IKEA Indonesia bersama PT Aneka Cokelat Kakoa memperkenalkan Aneka Coklat yang memiliki cita rasa khas lewat tujuh varian yang unik dan berkualitas tinggi. Tiga di antaranya merupakan cokelat dengan varian single origin, berasal dari beberapa wilayah di Indonesia, yaitu Bali Dark Chocolate, Sulawesi Dark Chocolate, dan Sumatera Dark Chocolate. 

Selain itu, terdapat  empat varian unik kombinasi, antara lain 70 persen Arenga Pinnata Dark Chocolate, Cinnamon Dark Milk Chocolate, Seed & Grain Sourdough Dark Milk Chocolate, dan Coffee Milk Chocolate with Creamy Coffee. Masing-masing punya rasa khas sesuai namanya, seperti paduan kopi, kayu manis hingga sensasi crunchy atau renyah dari varian seed and grain sourdough. Produk umumnya menggunakan gula aren daripada gula tebu.

“Ternyata dark chocolate jadi varian best seller kami, lalu seed and grain sourdough dark milk,” top selling secara umum varian kopi bisa dinikmati dengan es krim,” kata  IKEA Food Commercial Manager, Dita Astari Putri.

Seluruh varian Aneka Coklat menggunakan bahan alami berkualitas tinggi, serta tidak mengandung pengawet buatan. CEO & Founder of PT Aneka Coklat Kakoa, Sabrina Mustopo mengatakan, produk Aneka Coklat juga diproduksi lebih ramah lingkungan dengan mengutamakan keseimbangan, ketahanan, dan keterkaitan lingkungan.

“Posisi Indonesia sebagai penghasil terbesar kakao dari nomor tiga jadi enam, kendala di lapangan, minimnya pengetahuan petani dan insentif, makannya kami lakukan training dan membeti insentif agar sustainability,” kata Sabrina.

PT Aneka Coklat Kakoa, produsen cokelat asli Indonesia, merupakan satu dari 11 perusahaan sosial yang didukung oleh IKEA dalam program IKEA Social Entrepreneurship. Seluruh petani kakao yang bekerja sama telah dilatih untuk menggunakan teknik dan metode pertanian berkelanjutan guna untuk meningkatkan kualitas hasil panen mereka. Demi mendukung peluang ekonomi bagi petani kakao dan meningkatkan ekonomi Indonesia, seluruh proses pembelian biji kakao dilakukan langsung tanpa perantara. 

Produk ini dipercaya dapat meningkatkan jangkauan dan reputasi cokelat Indonesia sebagai produk berkualitas tinggi. Selain itu, bisa membawa banyak manfaat lewat proses produksi yang bertanggung jawab. Cerita di balik produksi Aneka Coklat juga sangat menginspirasi, mendukung kesejahteraan petani kakao lokal dan lingkungan yang berkelanjutan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement