Senin 06 Jun 2022 14:10 WIB

BNI Boyong Mitra Binaan untuk Jajaki Pasar Turki

BNI boyong 50 mitra binaan untuk mengikuti Festival Pasar Senggol di Turki

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) boyong 50 mitra binaan untuk mengikuti Festival Pasar Senggol di Turki. Ilustrasi.
Foto: BNI
PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) boyong 50 mitra binaan untuk mengikuti Festival Pasar Senggol di Turki. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. atau BNI berupaya untuk terus mendorong produk UMKM agar mampu menembus pasar global. Salah satunya dengan memboyong 50 mitra binaan untuk mengikuti Festival Pasar Senggol di Turki.

Pasar Senggol merupakan sebuah festival ekonomi dan budaya Indonesia di Turki yang diselenggarakan sebagai bukti nyata diaspora Indonesia bisa memiliki usaha dan dapat bertahan di masa pandemi. Corporate Secretary BNI Mucharom dalam pernyataan di Jakarta, Senin (6/6/2022), menyampaikan Turki adalah negara mitra dagang Indonesia dengan nilai perdagangan yang meningkat secara linear setiap tahun.

Baca Juga

Total perdagangan Indonesia-Turki pada 2021 tercatat mencapai 2,01 miliar dolar AS dengan Indonesia sebagai net eksportir surplus 1,2 miliar dolar AS. Pertumbuhan ekonomi Turki pada 2021 juga masih berada pada kisaran 11 persen.

"Kami pun menyambut baik gelaran festival yang diinisiasi oleh kelompok mahasiswa dan diaspora Indonesia di Turki ini. Kementerian BUMN bersama BNI berharap tak sekadar mengoptimalkan potensi pasar tetapi ikut berkontribusi meningkatkan kerja sama ekonomi yang telah terjalin sangat baik sejauh ini," katanya.

Mucharom menyampaikan produk mitra binaan BNI tersebut dapat menarik perhatian pelaku bisnis sekaligus konsumen Indonesia dan Turki agar tercipta potensi kerja sama perdagangan lebih lanjut. "Dengan bantuan dari KJRI, kami juga mendapat program link and match sehingga dapat lebih fokus dalam mempersiapkan barang-barang yang masuk ke pasar Turki," katanya.

Beberapa UMKM binaan berkategori UMKM XPora yang hadir dalam festival ini yaitu Bali Wirama dengan produk Home and Garden Decor yang produknya telah 100 persen diekspor ke Eropa. Kemudian, Faber Instrumen Indonesia yang merupakan usaha instrumen musik dan home decor dari kayu seperti radio kayu, shoehorn, jam dinding, yang mulai dilirik oleh konsumen luar negeri karena mempunyai keunikan ciri khas kayu Indonesia.

Selain itu, Rumah BUMN BNI turut berpartisipasi membawa produk kuliner dari Rumah BUMN Sleman yaitu Telaga Rasa. Telaga Rasa merupakan UMKM produksi minuman herbal Indonesia dalam bentuk instan yang berhasil menembus gerai ritel di Indonesia dan mempunyai BPOM. Rumah BUMN BNI juga membawa produk olahan snack dari Rumah BUMN Tegal yaitu NM Food yang merupakan produk cemilan unggulan Rumah BUMN BNI.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا تَفَرَّقُوْٓا اِلَّا مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًاۢ بَيْنَهُمْۗ وَلَوْلَا كَلِمَةٌ سَبَقَتْ مِنْ رَّبِّكَ اِلٰٓى اَجَلٍ مُّسَمًّى لَّقُضِيَ بَيْنَهُمْۗ وَاِنَّ الَّذِيْنَ اُوْرِثُوا الْكِتٰبَ مِنْۢ بَعْدِهِمْ لَفِيْ شَكٍّ مِّنْهُ مُرِيْبٍ
Dan mereka (Ahli Kitab) tidak berpecah belah kecuali setelah datang kepada mereka ilmu (kebenaran yang disampaikan oleh para nabi) karena kedengkian antara sesama mereka. Jika tidaklah karena suatu ketetapan yang telah ada dahulunya dari Tuhanmu (untuk menangguhkan azab) sampai batas waktu yang ditentukan, pastilah hukuman bagi mereka telah dilaksanakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang mewarisi Kitab (Taurat dan Injil) setelah mereka (pada zaman Muhammad), benar-benar berada dalam keraguan yang mendalam tentang Kitab (Al-Qur'an) itu.

(QS. Asy-Syura ayat 14)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement