Senin 06 Jun 2022 15:11 WIB

Layani Penerbangan Haji, Pertamina Siagakan Stok Avtur di Bandara Juanda

Pada 2022, terdapat 2 fase pelayanan avtur penerbangan haji

Rep: dadang kurnia/ Red: Hiru Muhammad
Tepat pukul 17.32 pesawat yang membawa 325 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi mendarat di Jeddah. Semua petugas mengucapkan rasa syukur penerbangan berjalan dengan lancara tanpa ada sesuatu yang menegangkan. Rabu (1/6).
Foto: Republika/Ali Yusuf
Tepat pukul 17.32 pesawat yang membawa 325 petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi mendarat di Jeddah. Semua petugas mengucapkan rasa syukur penerbangan berjalan dengan lancara tanpa ada sesuatu yang menegangkan. Rabu (1/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Manager Communication & CSR Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus, Deden Mochamad Idhani memastikan stok dan penyaluran avtur kepada seluruh maskapai penyelenggara penerbangan haji aman. Deden pun menyatakan, pihaknya telah menyiagakan stok avtur di Bandara Juanda, Surabaya, sebagai upaya pemenuhan kebutuhan bahan bakar untuk penerbangan haji.

“Untuk wilayah Jawa Timur, penerbangan haji dipusatkan di Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo. Pertamina Patra Niaga di Regional Jatimbalinus telah menyiapkan sebanyak 1.500 Kiloliter (KL) bahan bakar avtur untuk mengakomodir maskapai yang melayani penerbangan haji tersebut,” kata Deden, Senin (6/6/2022).

Baca Juga

Deden menjelaskan, pada 2022, terdapat 2 fase pelayanan avtur penerbangan haji yaitu di fase pertama atau keberangkatan mulai 4 Juni hingga 2 Juli 2022, serta fase kedua atau kepulangan yaitu mulai 15 Juli hingga 12 Agustus 2022. Pada fase pertama terdapat 38 penerbangan (flight) dengan rata-rata penyaluran sebanyak 40 KL setiap penerbangan.

"Sementara untuk fase kedua, Pertamina Patra Niaga di region Jatimbalinus menyiapkan sekitar 5.000 KL stok avtur. Pertamina akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Agama, Angkasa Pura, penyelenggara haji, dan pihak lainnya untuk memastikan penyaluran tersebut aman,” ujar Deden.

Pelayanan bahan bakar avtur penerbangan haji oleh PT Pertamia Patra Niaga Regional Jatimbalinus dilakukan melalui Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Juanda. DPPU Juanda dilengkapi dengan 4 unit kendaraan refueller kapasitas 40 KL, 6 unit refueller kapasitas 25 KL dan 1 unit refueller kapasitas 15 KL, selain itu DPPU Juanda juga dilengkapi 7 unit dispenser.

Sementara untuk penyaluran harian normal seluruh penerbangan di DPPU Juanda saat ini sebesar 600 KL per hari. Nantinya dengan adanya penerbangan haji maka rata-rata harian penyaluran avtur di DPPU Juanda diperkirakan sebesar 650 KL per hari."Kami berharap kegiatan ibadah haji di tahun 2022 berjalan dengan lancar, seluruh jamaah dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji mabrur, amin,” kata Deden.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement