Senin 06 Jun 2022 23:55 WIB

Perayaan Platinum Jubilee Ratu Inggris Berakhir

Setelah empat hari parade, pesta jalanan dan konser gala, platinum jubilee berakhir

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Ratu Inggris Elizabeth II secara simbolis memimpin penerangan suar Jubilee utama di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Kamis 2 Juni 2022, pada hari pertama perayaan Platinum Jubilee.
Foto: AP/Steve Parsons/PA Pool
Ratu Inggris Elizabeth II secara simbolis memimpin penerangan suar Jubilee utama di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Kamis 2 Juni 2022, pada hari pertama perayaan Platinum Jubilee.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Matikan suar, turunkan panggung, gulung bunting. Pesta selesai. Setelah empat hari parade, pesta jalanan dan konser gala merayakan 70 tahun takhta Ratu Elizabeth II, perayaan Platinum Jubilee berakhir pada Ahad (5/6/2022).

Perayaan ditutup dengan menyanyikan "God Save the Queen" dan harus diakui Ratu yang berusia 96 tahun telah mengalami keterbatasan. Dalam beberapa bulan terakhir, menurut keterangan Istana Buckingham, Ratu mengalami masalah mobilitas episodik, sehingga dia hanya membuat tiga penampilan publik singkat selama perayaan.

Putra dan pewaris tahta Pangeran Charles yang berusia 73 tahun menggantikannya di acara-acara lain. "Mau tidak mau, kita akan kehilangan dia suatu saat. Jadi ini akan menjadi semacam ujung ekor dari pemerintahan emas, bukan?” kata sejarawan dan penulis biografi kerajaan Hugo Vickers.

"Itulah mengapa ada sedikit kesedihan, kurasa," katanya.

Kebenaran itu adalah subteks dari acara akhir pekan karena surat kabar, layar televisi, dan bahkan dinding istana dipenuhi dengan gambar Elizabeth yang berubah dari seorang ratu muda yang glamor dengan mahkota dan berlian menjadi seorang nenek yang dikenal dengan tas tangan dan kecintaannya pada kuda dan corgis.

Elizabeth adalah penguasa terlama di Inggris, satu-satunya orang yang berdaulat yang pernah dikenal kebanyakan orang. Umur panjang itu telah melahirkan kasih sayang yang mendalam bagi Ratu. Pertanyaan untuk House of Windsor adalah apakah publik akan mentransfer perasaan itu kepada Charles ketika saatnya tiba.

Dari tinjauan militer pembukaan hingga kontes penutupan di luar istana, keluarga kerajaan berusaha membangun alasan untuk kesinambungan itu. Mereka menggarisbawahi tradisi bersejarah monarki dan perannya sebagai lembaga pemersatu yang membantu negara merayakan keberhasilannya dan memberikan kenyamanan selama masa-masa sulit

Pangeran Charles pun berada di depan dan tengah saat membela ibunya. Mengenakan tunik upacara merah dan topi kulit beruang, dia meninjau pasukan selama Parade Ulang Tahun Ratu pada Kamis (2/6). Keesokan harinya, dia adalah tamu terakhir yang memasuki Katedral St. Paul dan duduk di depan gereja untuk kebaktian menghormati Ratu. Pada konser bertabur bintang di depan Istana Buckingham pada Sabtu (4/6), dia menyampaikan penghormatan kepada perempuan yang dipanggil sebagai "Yang Mulia, ibu".

Para bangsawan tahu mereka memiliki pekerjaan yang harus dilakukan. Selama setahun terakhir, monarki telah diterpa oleh tuduhan rasisme dan intimidasi, skandal seks yang melibatkan Pangeran Andrew, dan tuntutan permintaan maaf atas peran bersejarah Inggris dalam perbudakan jutaan orang Afrika.

Tapi jika Windsors menginginkan bukti popularitas abadi, mereka tinggal melihat puluhan ribu orang yang memenuhi jalan-jalan dan taman di sekitar Istana Buckingham untuk bersorak, mengibarkan bendera Union dan berkata, "Terima kasih, Bu"  selama empat hari terakhir. Sejarawan kerajaan Ed Owens menyatakan, demonstrasi dukungan publik sangat penting untuk kelangsungan monarki.

"Tahun Jubilee tidak hanya ditentukan oleh kehadiran ratu, tetapi oleh banyak aktor lain, dan salah satu aktor kunci … adalah publik Inggris,” kata penulis The Family Firm: Monarchy, Mass Media and the British Public 1932-1953.

"Semua acara ini dimainkan untuk publik Inggris ... Jubilee adalah perayaan rakyat Inggris di negara Inggris seperti halnya ratu sendiri," ujarnya.

Akhir pekan perayaan pun ditutup dengan penampilan balkon Ratu untuk orang banyak yang bersorak. Kali ini dia hanya ditemani oleh Pangeran Charles dan istrinya serta Pangeran William beserta istri dan anak-anaknya. Pesannya sangat jelas: Inilah masa kini dan masa depan monarki.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement