Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

Friday, 11 Rabiul Awwal 1444 / 07 October 2022

 

11 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Istri Ungkap Kondisi Terkini Bruce Willis yang Idap Afasia

Senin 06 Jun 2022 10:38 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda

Aktor Bruce Willis mengidap afasia yang menghambatnya untuk terus berakting.

Aktor Bruce Willis mengidap afasia yang menghambatnya untuk terus berakting.

Foto: EPA
Bruce Willis didiagnosis afasia hingga tak mampu lagi berakting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Istri dari aktor kawakan Bruce Willis, Emma Heming Willis, membagikan kondisi kesehatan terkini sang suami yang berjuang melawan afasia. Bintang Hollywood itu sebelumnya mengumumkan bahwa dia tak lagi aktif di dunia akting setelah didiagnosis dengan afasia.

 

Emma berbagi momen manis yang memperlihatkan Bruce tetap aktif, meskipun kondisinya mengancam sisi kiri otaknya. Bruce tampak melemparkan bola basket ke keranjang setelah menerima operan dari pemain lain.
 
Menurut Mayo Clinic, afasia adalah suatu kondisi yang memengaruhi kemampuan untuk berkomunikasi. Afasia dapat disebabkan oleh strok, cedera kepala, atau tumor otak.
 
Dalam pernyataan yang diunggah ke media sosial pada Maret 2022, keluarga Willis tak mengungkapkan secara spesifik bagaimana kondisi itu memengaruhi Bruce. Dia diperkirakan mengalami kesulitan membaca, mendengarkan, berbicara, mengetik, dan menulis, sehingga hampir mustahil untuk berakting.
 
Model tersebut juga tidak segan-segan mengungkapkan bagaimana kondisi suaminya memengaruhi dirinya, terutama kesehatan mentalnya. Emma pernah menyampaikan itu dalam sebuah wawancara.
 
"Besarnya perawatan untuk semua orang dalam rumah tangga saya telah berdampak buruk pada kesehatan mental dan kesehatan saya secara keseluruhan," ujarnya.
 
Untuk memastikan kesehatannya sendiri terjaga, Emma berusaha fokus pada kebutuhan dasar yang menjamin keseimbangan dalam hidupnya, salah satunya dengan berolahraga. Sumber orang dalam di keluarga Willis menginformasikan bahwa orang-orang terdekat Bruce memberikan dukungan kepada sang aktor.
 
Mantan istri Bruce, aktris Demi Moore, beserta tiga putri mereka, yakni Rumer, Scout, dan Tallulah telah berkumpul demi Bruce. Begitu pula dua anak perempuan Bruce dari pernikahannya dengan Emma, yakni Evelyn dan Mabel.
 
"Semua orang fokus pada momen bahagia yang bisa mereka miliki, melakukan apa pun yang mereka bisa. Mereka telah berkumpul di sekelilingnya untuk membantu Bruce mengatasi apa yang akan datang," kata sumber tersebut.
 
Kondisi afasia yang diidap Bruce Willis tidak memengaruhi kemampuannya untuk berpikir atau membuatnya kurang pintar. American Speech-Language-Hearing Association (ASHA) menjelaskan bahwa afasia menyebabkan pasien sukar berbicara karena otot-otot di mulut menjadi lebih lemah. 

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile