Selasa 07 Jun 2022 00:40 WIB

Berlebihan Konsumsi Suplemen Ini Bisa Picu Kebutaan

Overdosis suplemen tertentu dapat memicu kebutaan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Suplemen vitamin (Ilustrasi). Konsumsi berlebihan dari suplemen vitamin tertentu dapat berefek buruk pada mata, bahkan dapat menyebabkan kebutaan.
Foto: www.freepik.com.
Suplemen vitamin (Ilustrasi). Konsumsi berlebihan dari suplemen vitamin tertentu dapat berefek buruk pada mata, bahkan dapat menyebabkan kebutaan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Suplemen dirancang untuk menyuplai vitamin tambahan yang dibutuhkan tubuh. Namun, alih-alih bermanfaat, suplemen yang beredar di pasaran banyak yang bermasalah karena mengandung bahan yang berpotensi beracun. Selain itu, pasien juga kerap mengonsumsi suplemen melebihi dosis yang dianjurkan.

Suplemen niacin hadir untuk menurunkan kolesterol, dengan penelitian menyatakan itu bisa menurunkan trigliserida sebanyak 50 persen. Akan tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi, suplemen ini bisa menimbulkan efek buruk pada mata, termasuk penglihatan kabur, kerusakan makula yang bisa menyebabkan kebutaan, serta peradangan.

Baca Juga

Sebuah laporan terpercaya menunjukan risiko kehilangan penglihatan parah dari dosis niacin yang dijual bebas dan diresepkan sendiri. Laporan klinis yang ditulis oleh spesialis di New York Ear Infirmary of Mount Sinai pada 2019, menemukan bahwa kehilangan penglihatan terkait dengan jenis sel khusus di mata pasien.

Kabar baiknya, para ahli melaporkan bahwa penghentian asupan suplemen bisa memulihkan kondisi. Direktur Medis Monica Wassermann mengatakan bahwa suplemen niacin tersedia tanpa resep, namun ini bukan berarti aman. Pasien harus tetap patuh pada dosis yang dianjurkan.

"Overdosis suplemen niacin memicu pembengkakan retina, suatu kondisi yang secara ilmiah kami sebut makulopati cystoid. Penyakit retina ini menunjukkan berbagai gejala, dari penglihatan kabur yang kurang serius hingga kehilangan penglihatan normal," kata Wassermann, seperti dilansir laman Express, Senin (6/6/2022).

Menurut National Eye Institute, makulopati cystoid dapat menyebabkan warna pudar atau penglihatan buram yang bisa menjadi gejala penyakit. Jika diabaikan, gejala-gejala ini meningkatkan risiko kehilangan penglihatan yang parah atau kebutaan.

"Berhenti menggunakan suplemen niacin atau vitamin B3 membalikkan pembengkakan retina. Fungsi retina menjadi pulih sepenuhnya, secara positif memengaruhi produksi sinyal listrik tubuh," jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement