Selasa 07 Jun 2022 14:16 WIB

KIB Bisa Usung Cawapres di Luar Koalisi, Pengamat: PAN Bisa Sodorkan Erick Thohir

Pengamat sebut PAN bisa berikan nama Erick Thohir untuk cawapres dari luar koalisi.

Rep: M Nursyamsyi/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah). Pengamat sebut PAN bisa berikan nama Erick Thohir untuk cawapres dari luar koalisi.
Foto: Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir (tengah). Pengamat sebut PAN bisa berikan nama Erick Thohir untuk cawapres dari luar koalisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik yang juga founder Cyrus Network Hasan Nasbi meyakini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang dibentuk Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bakal mengusung calon presiden (capres) dari internal untuk Pemilu 2024.

"Kalau melihat perjalanan terbentuknya koalisi, dan persiapan-persiapan yang dilakukan oleh Partai Golkar sebagai poros koalisi, maka kita bisa membaca arah angin capres mereka. Koalisi ini tampak serius sejak awal tanpa ada ikatan elektabilitas figur manapun. Saya yakin calon presidennya dari internal partai politik," ujar Hasan Nasbi, Selasa (7/6/2022).

Baca Juga

Hasan mengatakan, tidak alerginya KIB dengan calon presiden dari luar koalisi hanya semacam diplomasi belaka. Menurut dia, hal tersebut dilakukan demi menunjukkan bahwa KIB tidak eksklusif dan bersedia berkomunikasi dengan semua pihak.

Namun untuk calon wakil presiden yang diusung KIB, Hasan memprediksi dari luar koalisi. Namun Hasan memprediksi calon yang akan diusung KIB dari luar koalisi adalah untuk calon wakil presiden (cawapres). Dia menyebut KIB bisa saja mengusung Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ataupun Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"PAN bisa saja misalnya menyodorkan nama Erick Thohir (ET). Hari ini akan ada acara PAN dengan ET. Sementara PPP menyodorkan nama Anies Baswedan karena hubungan-hubungan panjang yang sudah mereka bangun. Kalau soal capres saya rasa sudah mengerucut kepada keinginan poros koalisi, yaitu Golkar," imbuh Hasan.

Kemarin, Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara halal bihalal dan silaturahmi Partai Amanat Nasional (PAN). Erick didampingi Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan tokoh senior partai tersebut Hatta Radjasa.

Erick dan Zulkifli Hasan sempat bertukar pikiran tentang ekonomi Indonesia ke depan yang sekarang sedang mendapat tekanan. Erick bahkan mendapat pesan cukup penting dari Ketua Umum PAN, supaya melanjutkan bersih-bersih di BUMN. Ini penting sekali sebagai bagian dari menjaga kepercayaan publik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement