Selasa 07 Jun 2022 20:06 WIB

Sosialisasikan Pancasila ke Milenial, BPIP Manfaatkan Medsos

BPIP akan melanjutkan sosialisasi Pancasila ke setiap lini kehidupan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan selamat kepada Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Said Aqil Siradj seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Presiden Joko Widodo resmi melantik Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP masa jabatan 2022-2027.
Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (kanan) memberikan selamat kepada Anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Said Aqil Siradj seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Presiden Joko Widodo resmi melantik Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP masa jabatan 2022-2027.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melantik jajaran Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) masa jabatan 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan, BPIP akan melanjutkan sosialisasi Pancasila ke setiap lini kehidupan.

Salah satu sasaran utama BPIP yakni generasi milenial. Karena itu, BPIP ingin memanfaatkan media digital untuk membumikan Pancasila kepada para generasi milenial.

Baca Juga

“Seperti yang pernah disampaikan Presiden, arahan kepada kami bahwa kami akan lebih banyak memasuki dunia milenilal, jadi akan menggunakan media digital. Medsos, TikTok, musik, olah raga kemudian budaya agar Pancasila ini terpahami, terhayati, dan teramalkan dengan mudah. Khususnya bagi generasi yang disebut generasi milenial,” ujar Yudian di Kompleks Istana Presiden, Jakarta.

Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Wisnu Bawa Tenaya menambahkan, BPIP akan melanjutkan tugas untuk membumikan Pancasila di seluruh Tanah Air. Upaya ini juga akan dilakukan melalui seluruh jenjang pendidikan dari PAUD hingga perguruan tinggi.

“BPIP tentu akan melanjutkan tugas yang dibebankan kepada kami untuk membumikan Pancasila di seluruh Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke, Miangas Pulau Rote lewat pendidikan dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi dan seluruh di lembaga-lembaga kenegaraan,” ujarnya.

Ia pun mengajak semua pihak untuk berkolaborasi bersama, saling mengisi dan membangun untuk peradaban dunia.

photo
Presiden Joko Widodo (tengah) dan Wakil Presiden Maruf Amin (keempat kanan) berfoto bersama Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Megawati Soekarnoputri, Wakil Ketua Try Sutrisno (ketiga kanan) serta jajaran pengurus BPIP seusai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2022). Presiden Joko Widodo resmi melantik Dewan Pengarah, Kepala dan Wakil Kepala BPIP masa jabatan 2022-2027. - (ANTARA/Sigid Kurniawan)

Sebelumnya, Presiden Jokowi telah melantik Dewan Pengarah dan Kepala serta Wakil BPIP. Susunan Dewan Pengarah BPIP yang dilantik siang ini, yakni:

- Megawati Soekarnoputri sebagai ketua

- Try Sutrisno sebagai wakil ketua

- Wisnu Bawa Tenaya sebagai sekretaris

- Said Aqil Siradj sebagai anggota

- Sudhamek sebagai anggota

- Andreas Anangguru Yewangoe sebagai anggota

- Rikard Bagun sebagai anggota

- Muhammad Amin Abdullah sebagai anggota.

Sementara Kepala BPIP dijabat oleh Yudian Wahyudi dan Wakil Kepala BPIP dijabat oleh Karjono.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement