Rabu 08 Jun 2022 11:31 WIB

Sensor Helikopter NASA di Mars Alami Gangguan Serius

Tim berharap bisa membereskan gangguan yang dialami sensor Ingenuity.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Ingenuity
Foto: nasa
Ingenuity

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Helikopter milik Badan Antariksa Amerika (NASA) Ingenuity telah melakukan semua misi yang direncanakan di Mars. Tim helikopter itu kini sedang menghadapi masalah teknis yang serius.

Ingenuity, helikopter pendamping terbang untuk penjelajah (rover) Perseverance NASA- sedang mencoba bertahan dalam kondisi musim dingin di Kawah Jezero. Awalnya, helikopter ini dibangun untuk menunjukkan bahwa penerbangan bertenaga dan terkontrol dimungkinkan di Mars.

Baca Juga

Helikopter mencapai prestasi itu pada April 2021. Sejak itu Ingenuity terbang 28 kali. Sebuah prestasi yang di luar dugaan.

Dilansir CNET, Rabu (8/6/2022), hari-hari yang lebih dingin dan lebih pendek sekarang memakan korban. Musim dingin menyebabkan helikopter bertenaga surya mati dalam semalam dan mengekspose komponennya ke suhu yang sangat dingin.

Selama persiapan baru-baru ini untuk penerbangan lain, tim Ingenuity menemukan inclinometer helikopter, sebuah sensor navigasi, telah berhenti bekerja.

“Sensor navigasi yang tidak berfungsi terdengar seperti masalah besar dan memang demikian, tetapi itu belum tentu mengakhiri penerbangan kami di Mars,” kepala pilot Ingenuity Havard Grip mengatakan, Senin (6/6/2022), dalam pembaruan status.

Ingenuity menggunakan serangkaian sensor untuk mencari tahu di mana ia berada di luar angkasa. Sensor ini membawa informasi yang diperlukan untuk lepas landas, terbang, dan mendarat.

“Inclinometer terdiri dari dua akselerometer, yang tujuan utamanya adalah untuk mengukur gravitasi sebelum berputar dan lepas landas; arah gravitasi yang dirasakan digunakan untuk menentukan bagaimana Ingenuity berorientasi relatif terhadap arah ke bawah,” kata Grip.

Untungnya, data inclinometer tidak diperlukan selama penerbangan yang sebenarnya.Pesawat rotor membutuhkan cara yang berbeda untuk mendapatkan informasi yang sama dengan inclinometer.

Perbaikan cerdas rotorcraft melibatkan penggunaan sensor yang berbeda untuk menangani tugas sensor yang rusak. Untuk melakukan itu, tim mengirimkan Ingenuity patch perangkat lunak.

“Mengantisipasi bahwa situasi ini berpotensi muncul, kami menyiapkan tambalan perangkat lunak yang diperlukan sebelum kedatangan tahun lalu di Mars dan menyimpannya di rak untuk kemungkinan ini,” kata Grip.

NASA berharap helikopter itu akan dibawa ke langit Mars dalam waktu dekat untuk penerbangan ke-29, yang akan membantunya tetap berkomunikasi dengan Perseverance saat rover menjelajahi wilayah delta yang menarik.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيْمَا عَرَّضْتُمْ بِهٖ مِنْ خِطْبَةِ النِّسَاۤءِ اَوْ اَكْنَنْتُمْ فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ ۗ عَلِمَ اللّٰهُ اَنَّكُمْ سَتَذْكُرُوْنَهُنَّ وَلٰكِنْ لَّا تُوَاعِدُوْهُنَّ سِرًّا اِلَّآ اَنْ تَقُوْلُوْا قَوْلًا مَّعْرُوْفًا ەۗ وَلَا تَعْزِمُوْا عُقْدَةَ النِّكَاحِ حَتّٰى يَبْلُغَ الْكِتٰبُ اَجَلَهٗ ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ يَعْلَمُ مَا فِيْٓ اَنْفُسِكُمْ فَاحْذَرُوْهُ ۚوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ حَلِيْمٌ ࣖ
Dan tidak ada dosa bagimu meminang perempuan-perempuan itu dengan sindiran atau kamu sembunyikan (keinginanmu) dalam hati. Allah mengetahui bahwa kamu akan menyebut-nyebut kepada mereka. Tetapi janganlah kamu membuat perjanjian (untuk menikah) dengan mereka secara rahasia, kecuali sekedar mengucapkan kata-kata yang baik. Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah, sebelum habis masa idahnya. Ketahuilah bahwa Allah mengetahui apa yang ada dalam hatimu, maka takutlah kepada-Nya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Pengampun, Maha Penyantun.

(QS. Al-Baqarah ayat 235)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement