Rabu 08 Jun 2022 14:57 WIB

Dokter Juga Terkejut, Obat Ini Sembuhkan Semua Pasien Kanker Rektum dalam Uji Klinis

Dalam uji klinis, obat dostarlimab tampak mujarab pada 12 pasien kanker rektum.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
 Foto ini memperlihatkan tumor pada  pasien berkurang setelah uji coba obat. Dari kiri ke kanan, gambar memperlihatkan bentuk tumor pada endoskopi, MRI, dan PET scan sebelum mereka mulai menggunakan obat. Gambar tengah menunjukkan perubahan tiga bulan setelahnya. Gambar akhir menunjukkan hampir tidak ada tumor setelah enam bulan.
Foto: New England Medical Journal
Foto ini memperlihatkan tumor pada pasien berkurang setelah uji coba obat. Dari kiri ke kanan, gambar memperlihatkan bentuk tumor pada endoskopi, MRI, dan PET scan sebelum mereka mulai menggunakan obat. Gambar tengah menunjukkan perubahan tiga bulan setelahnya. Gambar akhir menunjukkan hampir tidak ada tumor setelah enam bulan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah uji klinis yang melibatkan 12 pasien kanker rektum menunjukkan hasil yang cukup mengejutkan para dokter. Alasannya, obat bernama dostarlimab yang diteliti dalam uji klinis ini berhasil menghilangkan tumor dari rektum pasien.

Seluruh pasien yang terlibat dalam uji klinis ini merupakan pasien kanker rektum yang memiliki tumor dengan mismatch repair-deficient (MMRd) atau microsatellite instability (MSI). Seluruh pasien yang terlibat sebelumnya sudah menerima terapi lain, seperti kemoterapi.

Baca Juga

Selama uji klinis berlangsung, para partisipan diberikan obat dostarlimab dengan dosis 500 miligram setiap tiga pekan sekali. Pemberian obat ini berlangsung selama enam bulan.

Mulanya, tim peneliti menilai para pasien masih akan memerlukan terapi tambahan seperti kemoterapi atau radioterapi setelah dostarlimab diberikan. Akan tetapi, para pasien yang menerima obat dostarlimab ternyata tak lagi menunjukkan tanda kanker di bulan keenam.

Hal ini dapat terlihat melalui perbandingan foto atau gambaran kondisi rektum para pasien yang dibagikan oleh tim peneliti melalui New England Medical Journal. Foto-foto ini diambil melalui prosedur endoskopi, MRI, dan PET scan pada tiga waktu berbeda.

Ketiga waktu tersebut, yaitu sebelum pasien mengonsumsi obat dostarlimab, pada bulan ketiga, dan pada bulan keenam. Pada foto pertama, rektum para pasien tampak ditumbuhi oleh tumor.

Namun, pada foto yang diambil di bulan ketiga, rektum pasien sudah tampak hampir bersih. Dan, di bulan keenam, tumor benar-benar tak terlihat di rektum para pasien.

Tim peneliti mengungkapkan bahwa berbagai pemindaian tak lagi bisa mendeteksi keberadaan tumor pada pasien. Setelah satu tahun berlalu, tak ada satu pun dari pasien-pasien tersebut yang membutuhkan terapi lebih lanjut.

Dua tahun setelah uji klinis, yaitu saat ini, seluruh pasien masih menunjukkan kondisi yang prima. Mereka tak membutuhkan terapi lebih lanjut.

"Ini sangat luar biasa. Kami tak menyangka hal ini akan terjadi. Kami tak pernah melihat ini sebelumnya," jelas ahli onkologi dari Memorial Sloan Kettering Cancer Center dan salah satu peneliti Dr Andrea Cercek, seperti dilansir The Sun, Rabu (8/6/2022).

Bukan hanya tim peneliti yang merasa terkejut akan hasil pengobatan ini. Para pasien dalam uji klinis pun merasa sangat terkejut dan bahagia. Tak sedikit dari mereka yang menangis bahagia karena bisa mencapai remisi.

"Ada banyak tangisan bahagia," ungkap Dr Cercek.

Dr Cercek mengatakan temuan ini merupakan hal yang diimpikan oleh banyak dokter spesialis kanker. Terlebih, obat ini tak hanya memiliki efikasi yang baik, tetapi juga hampir tak memiliki toksisitas.

Peneliti meyakini bahwa obat dostarlimab ini telah membantu mengecilkan dan mengeliminasi tumor pada para pasien. Obat tersebut bekerja dengan cara membuka "persembunyian" sel-sel kanker sehingga sistem imun bisa menemukan dan menghancurkan sel-sel kanker tersebut.

Sebagai hasilnya, para pasien tak lagi membutuhkan terapi lebih lanjut untuk mengatasi kanker mereka. Hal ini turut meningkatkan kembali kualitas hidup para pasien.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement