Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

Thursday, 13 Muharram 1444 / 11 August 2022

13 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Ratusan Masyarakat Jombang Rasakan Manfaat Aksi Layanan Sehat di RS Hayim Asy'ari

Rabu 08 Jun 2022 11:39 WIB

Red: Gita Amanda

Dompet Dhuafa menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) di RS Hasyim Asy

Dompet Dhuafa menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) di RS Hasyim Asy

Foto: Dompet Dhuafa
Sebanyak 116 penerima manfaat hadir untuk mendapatkan berbagai pemeriksaan kesehatan

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Semakin hari persiapan untuk beroperasinya RS Hasyim Asy'ari, Jombang, Jawa Timur, dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat luas kian terlihat. Bahkan beberapa hari yang lalu Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin dalam kunjungan kerjanya sempat mengunjungi rumah sakit yang dibangun berbasis wakaf besutan Dompet Dhuafa bersama Pondok Pesantren Tebuireng.

Respons positif dari Wakil Presiden Republik Indonesia semakin meningkatkan semangat bagi Dompet Dhuafa untuk terus memberikan pelayanan bagi masyarakat membutuhkan khususnya di bidang kesehatan. Salah satu aksi nyata yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa adalah dengan menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) di RS Hasyim Asy'ari melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Timur, pada Rabu (8/6/2022).

Baca Juga

Sebanyak 116 penerima manfaat hadir untuk mendapatkan berbagai pemeriksaan kesehatan mulai dari tekanan darah, kolesterol, gula darah, asam urat, dan penyakit tidak menular lainnya. Tidak hanya pemeriksaan kesehatan, para penerima manfaat juga mendapatkan konsultasi langsung oleh dokter umum yang hadir di lokasi. Konsultasi ini dilakukan untuk merespons hasil pemeriksaan yang telah dilakukan agar mendapatkan pola hidup ideal.

"Kami menyiapkan berbagai layanan untuk masyarakat umum secara cuma-cuma. Ini juga merupakan ALS ke-5 yang digelar di RS Hasyim Asy'ari Tebuireng, Jombang. Ke depannya kami juga akan terus menggelar aksi kesehatan lainnya untuk masyarakat kurang mampu tentunya," jelas Deni Setiawan selaku PIC ALS.

photo
Dompet Dhuafa menggelar Aksi Layanan Sehat (ALS) di RS Hasyim Asyari melalui Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Timur, pada Rabu (8/6/2022). - (Dompet Dhuafa)

Selain berkonsultasi atas hasil pemeriksaan kesehatan, para penerima manfaat juga bisa mengonsultasikan keluhan kesehatan lainnya yang sedang dialami. Nantinya, dokter akan memberikan obat sesuai dengan kebutuhannya untuk terapi penyembuhan secara cuma-cuma. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mengikuti kegiatan ALS dari LKC Dompet Dhuafa Jawa Timur.

Antusiasme masyarakat untuk mengikuti kegiatan ALS sangat tinggi, hal ini bisa dilihat dengan antrean yang mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB padahal kegiatan baru akan dilaksanakan pukul 09.00 WIB. Walaupun tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan yang profesional dan mutu yang terjamin.

"Saya senang sekali bisa mengikuti kegiatan ini, jadi saya bisa memeriksakan kesehatan saya. Walaupun diadakan secara gratis tapi saya mendapatkan pelayanan yang ramah dan berkualitas baik," ungkap salah satu penerima manfaat ALS.

Poppy Rudiatin Meiningsih selaku Manajer Umum dan Keuangan RS Hasyim Asy'ari berharap dengan adanya kegiatan ALS ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Sama-sama kita ketahui, saat ini semakin banyak penyakit yang harus kita hindari dengan menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan.

"Diharapkan kegiatan ini juga dapat memberikan informasi sejak dini tentang kondisi kesehatan masyarakat dan bagaimana menyikapi kondisi kesehatan agar tidak semakin buruk atau tetap dalam kondisi baik. Masyarakat juga perlu diberikan pemahaman bagaimana cara menyikapi suatu kondisi kesehatan terutama dimasa pandemi seperti sekarang ini," ucap Poppy.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile