Rabu 08 Jun 2022 20:10 WIB

Film Jurassic World Bawa Banyak Anak Muda Tertarik Masuk ke Dunia Paleontologi

Sejak debut 'Jurassic Park', dunia paleontologi berubah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Salah satu adegan di film Jurassic World: Fallen Kingdom.
Foto: Universal Pictures.
Salah satu adegan di film Jurassic World: Fallen Kingdom.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kehidupan nyata paleontologi akan hadir lagi dan menjadi perjalanan akhir, dalam Jurassic World: Dominion. Disutradarai Colin Trevorrow, film yang berkisah mengenai kehidupan pada era dinosaurus ini akan hadir di bioskop Indonesia mulai hari ini, 8 Juni 2022.

Tidak dapat dipungkiri, beberapa dekade terakhir membawa banyak perubahan terkait dunia dinosaurus. Setelah debut Jurassic Park karya Steven Spielberg pada 1993, paleontologi benar-benar berubah.

Baca Juga

Paleontologi merupakan ilmu tentang kehidupan paraaksara. Film ini menghidupkan kembali dinosaurus untuk generasi baru, dan memperlihatkan dinosaurus dengan cara yang belum pernah ditunjukkan sebelumnya.

“Film ini membentuk kebangkitan dinosaurus secara publik, dan menyebabkan lebih banyak anak muda masuk ke dunia paleontologi,” ujar Profesor Paleontologi dan Evolusi di Universitas Edinburgh yang juga konsultan paleontologi Jurassic World: Dominion, Stephen Brusatte, dalam keterangan rilis, dikutip republika.co.id, Rabu (8/6/2022).

Sejak Jurassic Park booming, banyak pemasukan terkait hal ini, banyak universitas mengadakan kursus dinosaurus, banyak museum mengadakan pameran dinosaurus, dan para ahli banyak menuai keuntungan dari keberhasilan film ini.

Zaman keemasan paleontologi kian naik ke permukaan, seluruh dunia menemukan spesies baru dinosaurus rata-rata sepekan sekali. Itu semua telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, dan sekarang karena ini adalah generasi paleontologi Jurassic Park.

Berdasarkan karakter yang diciptakan oleh penulis Michael Crichton, selama hampir tiga dekade, Jurassic Park dan Jurassic World telah mengilhami kekaguman, keajaiban, teror, dan kegembiraan yang tak terkekang dalam bioskop.

Di bawah arahan Colin Trevorrow, yang menghidupkan kembali waralaba dengan Jurassic World pada 2015 dan telah menjadi arsitek kreatif seri sejak itu, film-filmnya telah dijalin ke dalam DNA budaya hampir di setiap negara.

“Ini adalah dunia yang diciptakan bersama oleh Steven Spielberg dan Michael Crichton, dan saya cukup beruntung menjadi penjaganya untuk tiga film,” ujar Trevorrow.

Ini menjadi penutup epik era Jurassic, saat dua generasi bersatu untuk pertama kalinya. Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard bergabung dengan pemenang Oscar Laura Dern, Jeff Goldblum, dan Sam Neill. Petualangan baru yang berani dan menakjubkan, akan menjangkau dunia.

Dominion terjadi empat tahun setelah Isla Nublar dihancurkan. Dinosaurus sekarang hidup dan berburu bersama manusia di seluruh dunia. Keseimbangan yang rapuh ini akan terbentuk kembali di masa depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement