Rabu 08 Jun 2022 21:23 WIB

5 Bumbu Masak Ini Bisa Jadi Pengganti Garam, Cocok Buat yang Ingin Kelola Tekanan Darah

Penggunaan garam berlebih dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Garam (Ilustrasi). Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk menggantikan garam sebagai bumbu masak.
Foto: Pixabay
Garam (Ilustrasi). Ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk menggantikan garam sebagai bumbu masak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Garam adalah salah satu bumbu yang paling umum digunakan di dapur. Berbagai jenis makanan akan kurang sempurna jika tak ditambahkan garam ke dalamnya.

Persoalannya, penggunaan garam berlebih dapat membahayakan kesehatan tubuh. Beberapa komplikasi akibat konsumsi garam yang berlebih meliputi strok, tekanan darah tinggi, hingga penyakit kardiovaskular.

Baca Juga

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa diet rendah asupan natrium bisa membantu mengelola tekanan darah. Karena itu, mungkin sudah saatnya Anda menghindari garam dan menggantinya dengan bumbu yang lebih sehat. Dikutip dari laman Times Now News, berikut lima pengganti garam yang lebih sehat.

1. Bubuk lada hitam

photo
Lada hitam (ilustrasi) - (www.pixabay.com)

Jika garam dan merica adalah kombinasi bumbu pilihan Anda, mungkin sudah saatnya untuk memisahkan keduanya dan memilih yang lebih sehat. Lada hitam bubuk memiliki sifat antiinflamasi dan dapat bekerja sebagai pengganti garam yang sangat baik.

2. Bubuk bawang bombai

photo
Bawang bombai. (Foto: bawang bombai) - (Piqsels)

Bawang adalah salah satu sayuran yang banyak digunakan. Tapi tahukah Anda bahwa mengiris bukan satu-satunya cara untuk menambahkan bawang ke makanan? Bubuk bawang bombai dapat digunakan sebagai pengganti garam dan dapat meningkatkan rasa makanan secara efektif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement