Kota Batu Panen 7 Ton Eco Enzyme

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Muhammad Fakhruddin

Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama Relawan Eco Enzyme Kota Batu melakukan panen tujuh ton eco enzyme secara serentak di seluruh desa dan kelurahan, Kamis (9/6/2022). Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022.
Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama Relawan Eco Enzyme Kota Batu melakukan panen tujuh ton eco enzyme secara serentak di seluruh desa dan kelurahan, Kamis (9/6/2022). Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022. | Foto: Dok. Diskominfo Kota Batu

REPUBLIKA.CO.ID,BATU -- Pemerintah Kota (Pemkot) Batu melalui Dinas Lingkungan Hidup bersama Relawan Eco Enzyme Kota Batu melakukan panen tujuh ton eco enzyme secara serentak di seluruh desa dan kelurahan, Kamis (9/6/2022). Kegiatan ini sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2022.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Aris Setyawan mengatakan, eco enzyme merupakan cairan hasil fermentasi limbah organik seperti buah dan sayuran. Eco enzyme termasuk cairan multifungsi yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, pertanian dan peternakan.

Di Kota Batu sendiri, kata Aris, pengelolaan sampah menjadi program prioritas dalam mendukung keberlangsungan lingkungan hidup di Kota Batu. "Dan salah satunya melalui proses pembuatan eco enzyme," kata Aris di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Kamis (9/6/2022).

Menurut Aris, Pemkot Batu sudah memberikan pembinaan dan pelatihan kepada masyarakat untuk membuat eco enzyme sejak 2022. Saat ini sudah dirasakan begitu banyak manfaat dari pengolahan sampah menjadi eco enzyme.

Baca Juga

Eco enzyme tercatat bermanfaat sebagai pembersih rumah, pupuk alami dan pestisida. Selain itu, juga bermanfaat untuk mencegah pemanasan global. Kemudian juga mampu membantu menyembuhkan hewan ternak yang mengalami sakit.

Pada kesempatan sama, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, mengatakan, keberadaan eco enzyme memiliki banyak manfaat. Salah satunya bisa mengatasi salah satu permasalahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. "Saya harap ini betul-betul bisa diteliti lagi, karena banyak peternak yang hewannya bisa sembuh dengan cairan ini,” kata Wali Kota.

Terkait


Pasar Murah Ramadhan di Kota Batu Sediakan Bahan Kebutuhan Pokok

Pembangunan Pasar Induk Kota Batu Diresmikan

Wali Kota dan DPRD Kota Batu Setujui Perubahan Perda Perangkat Daerah

Kota Batu Adopsi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Badung

Kemenpan-RB Dorong Kota Batu Terus Berinovasi pada Masa Pandemi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark