Jumat 10 Jun 2022 03:40 WIB

6 Makanan untuk Meningkatkan Kesehatan dan Fungsi Otak 

Jeruk, kunyit, coklat hitam hingga kopi miliki kandungan baik untuk fungsi otak

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Jeruk, kunyit, coklat hitam hingga kopi miliki kandungan baik untuk kesehatan dan fungsi otak
Foto: www.freepik.com.
Jeruk, kunyit, coklat hitam hingga kopi miliki kandungan baik untuk kesehatan dan fungsi otak

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Otak adalah mekanisme kompleks yang mengatur setiap tindakan dalam tubuh termasuk kognisi, sentuhan, memori, emosi, koordinasi motorik, penglihatan, pernapasan, suhu, nafsu makan dan sebagainya.  Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang yang memanjang darinya.  Oleh karena itu, fungsi otak yang tepat sangat penting untuk menjaga semua fungsi dalam tubuh.

Dilansir dari doctor.ndtv pada Kamis (9/6), sangat penting untuk mengisi tubuh dengan nutrisi yang tepat untuk meningkatkan fungsi otak yang sehat. Ini membantu menjaga tubuh tetap sehat dan meningkatkan kapasitas otak untuk melakukan fungsi.

Berikut enam makanan untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi otak yaitu:

1. Kopi

Kopi adalah sumber kafein dan antioksidan yang hebat.  Kafein membantu meningkatkan energi dalam tubuh. Semburan energi yang tiba-tiba dari kopi dapat membantu meningkatkan suasana hati juga. Ini juga mempromosikan produksi hormon bahagia seperti dopamin.  Selanjutnya, kopi terbukti dapat meningkatkan kewaspadaan dalam pikiran. Seiring dengan ini, itu meningkatkan konsentrasi dan fokus di otak.

2. Coklat Hitam

Kakao sering disebut kaya akan cokelat hitam. Flavonoid, sejenis antioksidan, juga ditemukan dalam cokelat. Otak sangat sensitif terhadap stres oksidatif, yang menyebabkan gangguan kognitif terkait usia dan penyakit otak. Antioksidan khususnya dikenal untuk melawan oksidan ini dan diperlukan untuk fungsi otak.  Para peneliti menemukan bahwa makan cokelat hitam dapat membantu neuroplastisitas, yang penting untuk belaja serta keuntungan terkait otak lainnya.

3. Kunyit

Kunyit adalah bumbu yang sangat populer. Ini adalah komponen penting saat memasak kari dan memberikan berbagai manfaat kesehatan otak.  Unsur kunci dalam kunyit, kurkumin, telah ditemukan menembus sawar darah otak, memungkinkannya masuk ke otak dan membantu sel-sel di dalamnya.  Kunyit juga telah terbukti untuk memori yang lebih baik Ini meningkatkan pertumbuhan sel dalam tubuh dan memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa.  Hal ini juga diyakini depresi yang lebih baik.

4. Buah Beri

Buah beri seperti stroberi, raspberry, blueberry dan sebagainya merupakan sumber antioksidan dan nutrisi lain yang sangat baik.  Beberapa antioksidan tersebut adalah asam caffeic, catechin, anthocyanin dan quercetin.  Beri mempromosikan komunikasi yang lebih baik antara sel-sel otak.  Ini membantu meningkatkan plastisitas, yang mendorong pembentukan koneksi baru antara sel-sel otak, meningkatkan pembelajaran dan memori.  Ini membantu menghindari atau memperlambat penyakit neurodegeneratif dan penurunan kognitif seiring bertambahnya usia.

5. Jeruk

Jeruk menyediakan vitamin C yang cukup. Faktanya, satu jeruk berukuran sedang memberikan asupan vitamin yang cukup untuk kebutuhan sehari. Vitamin C merupakan komponen penting dalam mencegah penuaan otak, oleh karena itu konsumsi vitamin C yang cukup sangat penting untuk kesehatan otak.  Tingkat vitamin C yang lebih tinggi dalam darah telah dikaitkan dengan perbaikan dalam tugas-tugas yang melibatkan fokus, memori, perhatian dan efisiensi keputusan.

6. Tomat

Tomat adalah buah lain yang penuh nutrisi. Tomat kaya akan antioksidan Lycopene.  Lycopene telah ditemukan untuk melindungi otak dari kerusakan sel.  Kerusakan sel ini juga dapat menyebabkan demensia khususnya Alzheimer.  Selain itu, bahan lain yang sering digunakan untuk memasak tomat, minyak zaitun, meningkatkan penyerapan nutrisi tomat dalam tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement