Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

14 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Nasdem Tegaskan Arah Koalisi Ditentukan Setelah Rakernas

Jumat 10 Jun 2022 07:52 WIB

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo

Wakil Ketua Baleg Fraksi Partai Nasdem Willy Aditya menjelaskan perkembangan RUU Cipta Kerja, di ruang Fraksi Partai Nasdem, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (25/9).

Wakil Ketua Baleg Fraksi Partai Nasdem Willy Aditya menjelaskan perkembangan RUU Cipta Kerja, di ruang Fraksi Partai Nasdem, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (25/9).

Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Menurut Nasdem, koalisi dibangun bukan karena kelatahan atau reaktif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Nasdem, Willy Aditya, merespons ajakan PKB dan PKS untuk ikut bergabung dalam koalisi yang dibentuk oleh keduanya. Namun Willy menegaskan partainya sampai saat ini belum memutuskan akan berkoalisi dengan partai mana Nasdem di Pemilu 2024 mendatang.

"Nanti pascarakernas yang akan digelar pertengahan bulan ini mungkin akan ditentukan dengan siapa kita akan membangun koalisi," kata Willy kepada Republika.co.id, Jumat (10/6/2022).

Baca Juga

Menanggapi soal koalisi yang dibentuk PKB dan PKS, Willy menilai sah-sah saja jika PKB dan PKS ingin membentuk koalisi. Menurutnya wajar jika jelang pemilu sejumlah partai sudah memikirkan langkah-langkah politiknya.

"Pada prinsipnya, mau bentuk koalisi apapun, sah sah saja dan tidak ada masalah," kata Willy.

Willy menilai, politik bukan hanya sekadar pembentukan koalisi. Namun alam politik dalam negeri saat ini membuat fenomena semacam itu wajar terjadi. Menurutnya yang terpenting koalisi dibangun bukan karena kelatahan atau reaktif saja.

"Akan lebih bagus jika sebuah koalisi dibangun atas dasar pemikiran atau kepentingan yang lebih strategis," ujarnya.

Koalisi PKB dan PKS masih membutuhkan satu partai lagi. Keduanya secara terbuka mengajak partai-partai lain untuk bergabung ke dalam koalisi tersebut. Hal itu diungkapkan Sekjen PKS Aboe Bakar Alhabsyi. "Kalau ketemu begini, ini hamba-hamba Allah capres ingin melihat kita, lalu ketemu Aboe Bakar 'kapan kita jumpa?' welcome, kita siap dengan Nasdem, kita siap dengan Demokrat, kita siap dengan yang lain, kita siap enggak ada masalah," tutur Aboe.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile