Sabtu 11 Jun 2022 10:32 WIB

Wow, Bisa Untung Miliaran Hanya dengan ‘Compound Interest’, Apa itu?

Jika mau untung dan punya banyak uang ratusan juta bahkan hingga miliaran rupiah itu mudah, hanya dengan memahami 'compound interest'. Lebih jelasnya, simak ini.

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com
Wow, Bisa Untung Miliaran Hanya dengan ‘Compound Interest’, Apa itu?
Wow, Bisa Untung Miliaran Hanya dengan ‘Compound Interest’, Apa itu?

Siapa yang tidak ingin punya banyak uang dengan cara gampang? Misalnya, hasil dari menabung atau investasi. Tapi bicara menyimpan dana atau investasi, jangan pernah lupakan soal ‘compound interest’ atau bunga berbunga.

Sebab compound interest bisa memengaruhi bagaimana uang Anda bisa menghasilkan seperti yang diharapkan. Kok, bisa? Memangnya, compound interest itu apa?

Penasaran dengan compound interest yang bisa bikin uang berlipat ganda pada investasi deposito Anda? Yuk mengenal lebih dalam mengenai compound interest yang bisa kasih cuan sampai miliaran rupiah!

 

Apa itu ‘Compound Interest’?

Bunga Majemuk

Pengertian bunga majemuk

Pengertian compound interest atau bunga berbunga (bunga majemuk) adalah bunga yang dihitung dari jumlah pokok ditambah bunga yang diperoleh sebelumnya.

Jadi, selain bunga yang dibayarkan atas sejumlah dana pokok, juga pembayaran bunga yang terakumulasi dari waktu ke waktu. Inilah yang kemudian menjadi bunga berbunga.

Namanya juga bunga berbunga, tak heran bila keuntungan yang didapatkan menjadi berkali lipat. Sudah mendapatkan bunga dari dana pokok, ditambah lagi bunga dari bunga yang diperoleh sebelumnya. Keuntungan yang berlipat, bukan?

Jika ada istilah ‘bunga berbunga’, maka kebalikannya adalah simple interest atau bunga tunggal. Berbeda dengan bunga majemuk, bunga tunggal ini hanya dihitung berdasarkan jumlah simpanan saja.

Contoh simple interest, Anda menabung Rp10 juta dengan bunga 5% per tahun, maka di tahun I jumlah tabungan Anda menjadi Rp10,5 juta.

Perhitungannya begini:

Rp10 juta (simpanan) x 5% (bunga per tahun) = Rp500.000 (jumlah bunga yang diperoleh). Karena tabungan Anda menggunakan skema simple interest, maka di tahun ke II penghitungan bunga Anda tetap didasarkan pada jumlah pokok simpanan saja, yakni Rp10 juta x 5% = Rp500 ribu. Dengan demikian, jumlah tabungan Anda di tahun II adalah Rp10.500.000 (tahun I) + Rp500.000 (bunga tahun II) = Rp11.000.000 (jumlah total simpanan di tahun II).

Baca Juga: Waspada Jebakan Tawaran Bunga Deposito Tinggi

Cara Hitung Keuntungan Compound Interest

Compound Interest

Ilustrasi keuntungan dari bunga majemuk

Nah, compound interest ini berbanding terbalik dengan single interest. Jika mendapatkan keuntungan dari simpanan yang bunga berbunga yang bisa melipatgandakan uang, jadi sudah bisa Anda bayangkan sebesar apa nanti keuntungnya?

Ilustrasi cara hitung keuntungan compound interest;

Anda menyimpan uang di bank sebesar Rp100.000.000 dengan bunga yang diberikan bank 8% per tahun. Nah, di tahun pertama, Anda akan mendapatkan bunga Rp8.000.000. Sehingga total uang yang Anda simpan di bank menjadi Rp108.000.000.

Nah, dengan compound interest maka pembayaran bunganya terus ditambahkan dari total simpanan yang telah ditambahkan bunga sebelumnya. Inilah yang disebut ‘bunga berbunga’.

Jika menyimpan uang di bank itu untuk jangka waktu 5 tahun dengan perhitungan bunganya compound interest, maka hitungan hasilnya begini;

Tahun I

Rp100.000.000 (jumlah simpanan awal) x 8% (bunga per tahun) = Rp8.000.000 (pendapatan dari bunga). Total simpanan menjadi Rp100.000.000 + Rp8.000.000 = Rp108.000.000

Tahun II

Rp108.000.000 (jumlah simpanan di tahun kedua) x 8% (bunga per tahun) = Rp8.640.000 (pendapatan dari bunga). Total simpanan menjadi Rp108.000.000 + Rp8.640.000 = Rp116.640.000

Tahun III

Rp116.640.000 (jumlah simpanan di tahun ketiga) x 8% (bunga per tahun) = Rp9.331.200 (pendapatan dari bunga). Total simpanan menjadi Rp116.640.000 + Rp9.331.200 = Rp125.971.200

Tahun IV

Rp125.971.200 (jumlah simpanan di tahun keempat) x 8% (bunga per tahun) = Rp10.077.696 (pendapatan dari bunga). Total simpanan menjadi Rp125.971.200 + Rp10.077.696 = Rp136.048.896

Tahun V

Rp136.048.896 (jumlah simpanan di tahun kelima) x 8% (bunga per tahun) = Rp10.883.911,68 (pendapatan dari bunga). Total simpanan menjadi Rp136.048.896 + Rp10.883.911,68 = Rp146.932.807,68

Jadi, karena simpanan Anda dengan sistem pembayaran bunganya compound interest, maka dalam 5 tahun Anda mendapatkan keuntungan bunganya sebesar Rp46,9 juta dari jumlah dana simpanan Rp100 juta. Maka, jumlah simpanan Anda dalam kurun waktu lima itu menjadi Rp146,9 juta.

Makin Besar yang Disimpan dan Jangka Waktunya Lama, Besar Pula Hasilnya

Menabung

Ilustrasi menabung atau investasi

Bisa dibayangkan bila Anda menyimpannya dalam kurun waktu 20 hingga 30 tahun. Tentu hasilnya akan jauh lebih besar lagi. Begitu juga bila jumlah dana yang Anda simpan lebih besar, maka keuntungan yang akan didapat dalam beberapa tahun ke depan juga mengikuti.

Katakanlah saat ini Anda berusia 25 tahun dan punya dana Rp100 juta yang siap diinvestasikan atau disimpan di bank dengan skema compound interest untuk jangka waktu 30 tahun ke depan. Maka kalkulasinya di usia 55 tahun, Anda bisa mendapatkan Rp1,1 miliar!

Dari uang yang hanya seratus juta itu, bisa dikatakan tanpa effort apapun karena memang hanya disimpan di bank atau investasi, dalam kurun waktu tiga puluh tahun ketika Anda bersiap menghadapi masa pensiun, bisa mengantongi keuntungan hingga satu miliar rupiah dengan compound interest ini. Menakjubkan, bukan?

Menguntungkan untuk Investasi Jangka Panjang

Jangka Waktu Investasi

Ilustrasi jangka waktu investasi

Dengan gambaran di atas, penyimpanan dana atau investasi dengan compound interest akan sangat terasa hasilnya untuk penempatan jangka Panjang. Karena sifatnya yang statis, yakni kepastian akan seberapa besar peningkatannya.

Sementara di sisi lain jenis simpanan ini juga tidak ada risiko berkurang atau turun tajam seperti investasi di saham yang dikenal sangat fluktuatif dan penuh spekulasi --tiba-tiba untung hari itu juga tapi bisa terjun bebas di hari yang sama.

Jadi, bisa dibilang cara aman untuk melipatgandakan uang Anda adalah melalui compound interest. Gimana, sudah siap simpan uang atau tanamkan modal ke investasi yang menawarkan compound interest? Bahkan Albert Einstein pun pernah bilang, seseorang bisa menjadi kaya dengan cara melipatgandakan uangnya melalui compound interest.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Deposito, Seperti Apa Rumusnya?

Di Mana Bisa Menabung atau Investasi dengan Prinsip ‘Compound Interest’?

Deposito Online

Ilustrasi deposito online

Kalau sudah tahu seperti apa keuntungan dari menyimpan dana dari prinsip bunga majemuk, lalu tabungan atau investasi apa yang memberikan compound interest? Salah satu instrumen simpanan dana dengan compound interest adalah deposito dan instrumen investasi lainnya. Bila ingin mulai memiliki deposito dan melipatgandakan uang Anda untuk masa depan, caranya sangat mudah, tinggal klik, pilih dan ajukan deposito di SINI.

Bentuk Investasi yang Aman dan Menguntungkan

Dengan mendepositkan uang, maka Anda telah melakukan suatu bentuk investasi. Dengan kata lain, uang yang disimpan akan berlipat hanya dengan menunggu saja.

Memang tidak semua investasi akan selalu mendatangkan keuntungan yang pasti, atau kasus terburuknya adalah kehilangan uang jika salah menempatkannya. Akan tetapi, dengan deposito, Anda akan bisa merasakan keuntungan dari berinvestasi. Selain itu, aman karena dijamin oleh LPS.

Baca Juga: Bunga Deposito Bulan ini

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.

(QS. Al-Ma'idah ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement