Jumat 10 Jun 2022 15:20 WIB

Baznas Salurkan Bantuan Paket Logistik Keluarga di Jakarta

Paket Logistik Keluarga merupakan bantuan kebutuhan sembako untuk keluarga miskin

Red: Christiyaningsih
Paket Logistik Keluarga merupakan bantuan kebutuhan sembako untuk keluarga miskin.
Foto: Baznas
Paket Logistik Keluarga merupakan bantuan kebutuhan sembako untuk keluarga miskin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyalurkan bantuan Paket Logistik Keluarga yang berisikan sembako untuk keluarga rentan di beberapa wilayah di Jakarta pada Kamis (9/6/2022). Salah satu yang menerima bantuan adalah Markonah, seorang ibu yang tinggal di permukiman padat penduduk di Pademangan, Jakarta Utara. Markonah begitu bersyukur menerima bantuan Paket Logistik Keluarga yang disalurkan Baznas. 

Paket Logistik Keluarga merupakan bantuan kebutuhan sembako untuk keluarga miskin berupa bahan pangan setengah jadi dan makanan siap santap. Di antaranya yakni beras, minyak goreng, sarden, gula pasir, susu, mi instan, dan beberapa kebutuhan pangan lainnya. "Alhamdulillah, terima kasih bang sudah dikasih sembako, bisa buat dapur emak," kata Markonah. 

Baca Juga

Dia menambahkan, bantuan yang diberikan sangatlah berarti untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain Markonah, Dahlia, seorang penyandang disabilitas yang tinggal di Cipinang Cempedak, Jakarta Timur turut mendapatkan bantuan serupa. 

Dahlia merupakan satu dari puluhan penerima manfaat Paket Logistik Keluarga di Cipinang Cempedak yang menyasar masyarakat disabilitas dan kurang mampu di wilayah tersebut. Paket berisi kebutuhan pokok harian ini didistribusikan untuk meringankan beban mereka yang memiliki keterbatasan fisik dan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan pokok pangan hariannya. 

Dia pun turut berterima kasih kepada Baznas atas bantuan Paket Logistik Keluarga yang disebutnya sangat membantu keluarganya. Pimpinan Baznas RI, Saidah Sakwan, mengatakan Baznas berkomitmen terus membantu pemerintah dan masyarakat dalam upaya menyejahterakan umat. Apalagi saat ini, banyak masyarakat rentan yang masih berjuang bangkit, usai terdampak krisis akibat pandemi Covid-19.

“Paket Logistik Keluarga merupakan intervensi jangka pendek Baznas sebagai upaya menguatkan akses pangan para keluarga miskin dan kelompok rentan yang terdampak secara ekonomi. Semoga program Baznas ini dapat menginisiasi gerakan zakat seluruh Indonesia dan semua pihak untuk bisa melakukan berbagai hal agar semakin banyak lagi masyarakat yang membutuhkan dapat terlayani dengan baik,” kata Saidah.

Dalam masa pandemi ini, Baznas juga telah menjalankan program cash for work yakni dengan memberikan pekerjaan dan upah terkait pencegahan Covid-19, dengan melakukan penyemprotan disinfektan ke beberapa area publik. Mereka yang mengikuti program ini di antaranya yakni pengemudi ojek online, sopir angkot, sopir bajaj, buruh harian, dan pekerja informal lainnya.

Bantuan Paket Logistik Keluarga melengkapi berbagai program yang dimiliki Baznas untuk membantu kebangkitan dan kesejahteraan masyarakat, sesuai visi Baznas sebagai lembaga utama menyejahterakan umat. "Terima kasih banyak kepada muzaki yang telah memberikan donasinya melalui Baznas sehingga semakin banyak masyarakat yang terbantu," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement