Jumat 10 Jun 2022 19:57 WIB

Indonesia Kekurangan Dokter

Jumlah dokter di Indonesia masih kurang.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Muhammad Hafil
 Indonesia Kekurangan Dokter. Foto: dokter (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Indonesia Kekurangan Dokter. Foto: dokter (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, mengungkapkan Indonesia saat ini masih kekurangan tenaga dokter dengan jumlah penduduk yang mencapai 270 juta jiwa. Budi mengatakan, saat ini Indonesia hanya memiliki sekitar 140.000 dokter aktif, angka yang masih jauh dari standar WHO, yaitu satu dokter umum berbanding 1.000 penduduk. 

"Kalau kita punya 140.000, WHO bilang harusnya 270.000 (untuk di Indonesia), tentu dokter yang kita punya kurang. Mau bagaimanapun argumentasi kita, memang kenyataannya kita kurang jumlah dokter," ujar Budi dalam pemaparannya pada Muktamar Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (Aipki) di Jakarta, Jumat (10/6/2022). 

Baca Juga

Budi mengungkapkan, hal tersebut menjadi salah satu pekerjaan rumah terkait transformasi kesehatan yang dititipkan oleh Presiden Joko Widodo kepadanya. Dalam eangka mengakselerasi munculnya dokter umum dan spesialis di tanah air, Budi berharap institusi lembaga pendidikan dan Aipki mau bergotong royong dalam memunculkan strategi percepatan itu. 

"Saya butuh sekali bantuan teman-teman dari berbagai stakeholder pendidikan kedokteran untuk menciptakan lebih banyak dan cepat dokter. Agar mereka lebih cepat untuk memberikan layanan bagi masyarakat Indoensia. Saya percaya kalau kita bisa cepat dan tingkatkan, maka ini akan jadi legacy yang mendukung kesejahteraan anak kita," kata dia. 

Pada kesempatan itu Budi juga menyebutkan adanya kesenjangan kualitas fakultas kedokteran di Indonesia. Menurut dia, setiap daerah memiliki kualitas fakultas kedokteran yang berbeda. Untuk itu, dia menyatakan, akselerasi pemyamaan kualitas harus dilakukan. 

"Harus ada akselerasi untuk penyamaan kualitas ini, juga secara jumlahnya, kita harus bikin fakultas kedokteran di Papua, di Maluku Utara, Sulawesi Barat," kata Budi. 

Budi ingin agar fakultas kedokteran yang sudah baik di daerah harus menularkan peningkatan kualitas bagi fakultas kedokteran lain yang ada di daerah tersebut. Dengan demikian, dia berharap, kualitas setiap fkultas kedokteran akan semakin merata. 

"Jangan biarkan terjadi ketimpangan fakultas kedokteran di Indonesia," ungkap Budi. 

Dia juga berharap agar fakultas kedokteran mampu membuat program-program studi dokter spesialis. Dia menilai, saat ini pembuatan program studi dokter spesialis sangat susah untuk dilakukan. Karena itu dia melihat penyebaran program studi spesialis di Indonesia juga masih belum merata. 

"Saya lihat kurang sekali penyebaran prodi spesialis di Indonesia. Harus cepat dan dipermudah untuk membuka prodi spesialis ini. Supaya pemerataan terjadi," kata dia. 

 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
فَلِذٰلِكَ فَادْعُ ۚوَاسْتَقِمْ كَمَآ اُمِرْتَۚ وَلَا تَتَّبِعْ اَهْوَاۤءَهُمْۚ وَقُلْ اٰمَنْتُ بِمَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ مِنْ كِتٰبٍۚ وَاُمِرْتُ لِاَعْدِلَ بَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ رَبُّنَا وَرَبُّكُمْ ۗ لَنَآ اَعْمَالُنَا وَلَكُمْ اَعْمَالُكُمْ ۗ لَاحُجَّةَ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ ۗ اَللّٰهُ يَجْمَعُ بَيْنَنَا ۚوَاِلَيْهِ الْمَصِيْرُ ۗ
Karena itu, serulah (mereka beriman) dan tetaplah (beriman dan berdakwah) sebagaimana diperintahkan kepadamu (Muhammad) dan janganlah mengikuti keinginan mereka dan katakanlah, “Aku beriman kepada Kitab yang diturunkan Allah dan aku diperintahkan agar berlaku adil di antara kamu. Allah Tuhan kami dan Tuhan kamu. Bagi kami perbuatan kami dan bagi kamu perbuatan kamu. Tidak (perlu) ada pertengkaran antara kami dan kamu, Allah mengumpulkan antara kita dan kepada-Nyalah (kita) kembali.”

(QS. Asy-Syura ayat 15)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement