Jumat 10 Jun 2022 23:59 WIB

Cuaca Dingin Australia Jadi Tantangan Timnas Basket Putra Indonesia

Dalam laga ini, Brandon Jawato menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 22 poin.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas basket Indonesia.
Foto: ARIYA Kurniawan/Perbasi
Timnas basket Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinginnya cuaca Australia menjadi tantangan tersendiri bagi timnas basket 5x5 putra dalam mengeluarkan kemampuan terbaik. Mereka belum bisa bermain lepas karena masih butuh adaptasi cuaca alias aklimatisasi. Situasi ini membuat timnas harus merasakan kekalahan pada uji coba pertama di Negeri Kanguru tersebut.

Bertempat di Diamond Valley Sports & Fitness Centre, Jumat (10/6/2022), Arki Dikania Wisnu dkk menyerah 80-108 dari kontestan NBL1, Diamond Valley Eagles.

Baca Juga

"So far permainan oke. Cuma karena tidak mengenal permainan lawan, kita jadi punya masalah. Ditambah udara dingin di sini yang kita juga butuh penyesuaian," kata Wahyu Widayat Jati selaku asisten pelatih timnas

Sebanyak 16 pemain timnas bertolak ke Australia pada 8 Juni 2022. Mereka try out ke Australia setelah menggelar latihan sekitar dua pekan di Jakarta usai libur SEA Games Hanoi.

Uji coba melawan Diamond Valley Eagles adalah 10 dari rencana uji coba timnas selama di Australia. Artinya, masih ada sembilan partai lagi menunggu timnas.

Wahyu Widayat Jati yang karib disapa Cacing ini mengaku, banyak pelajaran yang didapat timnas usai melawan Diamond Valley Eagles. Berhadapan dengan tim lebih kuat, timnas harus cepat mengenali lawan. Terutama kelebihan dan kelemahan mereka.

"Pelajaran yang bisa diambil adalah di pertahanan. Harus cepat mengenali strength dan weakness lawan," ujarnya dalam keterangan tertulis Perbasi.

Wahyu menambahkan dalam pertandingan melawan Diamond timnas tidak bisa menurunkan komposisi lengkap. Derrick Michael dan Marques Bolden absen. Bolden sedang tidak fit.

"Bolden diare," ujar Wahyu. "Untuk pertandingan selanjutnya, belum ada arahan dari pelatih," lanjutnya.

Dalam laga ini, Brandon Jawato menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 22 points, 11 rebounds, dan 3 assists. Menyusul kemudian Laurent Kokodiputra dengan 19 points, 1 rebound, 3 assists. Sedangkan dari kubu Diamond Valley Eagles, Dejan Vasiljevic mencatatkan poin terbanyak bagi timnya dengan 41 points, 6 rebounds, dan 5 assists.

Usai melawan Diamond Valley Eagles, timnas dijadwalkan menantang Wyndham  Basketball. Duel ini akan berlangsung di Eagle Stadium Sabtu sore (11/6/2022).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement