Ahad 12 Jun 2022 04:11 WIB

Kualifikasi Piala Asia: Indonesia Tumbang Lawan Yordania, Masih Berpeluang Lolos

Indonesia kebobolan gol pada menit ke-49 oleh gol pemain Yordania Yazan Al Naimat.

Red: Israr Itah
Winger Indonesia Witan Sulaeman membawa bola saat menghadapi Yordania pada laga kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.
Foto: DOK PSSI
Winger Indonesia Witan Sulaeman membawa bola saat menghadapi Yordania pada laga kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia tumbang pada laga kedua Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Skuad Garuda takluk 0-1 dari Yordania dalam laga di Stadion Jaber Al Ahmad. Kuwait City, Ahad (12/6/2022) dini hari WIB. 

Indonesia kebobolan gol pada menit ke-49 oleh Yazan Al Naimat. Gol ini tak mampu dibalas hingga laga berakhir.

Baca Juga

Dengan kekalahan ini, Indonesia turun ke posisi dua Grup A dengan nilai tiga, sama dengan Kuwait yang menang 4-1 atas Nepal. Indonesia di posisi kedua karena unggul head to head atas Kuwait.

Walaupun kalah, Indonesia masih berpeluang lolos minimal sebagai runner up terbaik. Syaratnya Indonesia bisa menaklukkan Nepal dengan skor besar pada Rabu (15/6/2022) agar bisa bersaing dalam perhitungan gol dengan runner-up dari lima grup lainnya. Peluang lolos cukup besar karena dari enam grup pada kualifikasi babak ketiga ini, diambil lima runner up terbaik.

Indonesia bahkan bisa lolos sebagai juara grup andai pada laga terakhir Kuwait mengalahkan Yordania 1-0. Sebab jika ini terjadi, akan ada hitung-hitungan head to head dan selisih gol yang akan dimenangkan Indonesia karena mengalahkan Kuwait 2-1.

Jalannya laga

Pada pertandingan melawan Indonesia, Yordania tampil dominan sejak menit pertama dengan konsisten menekan lini pertahanan skuad Garuda.

Namun, pertahanan tim asuhan pelatih Shin Tae-yong yang dikawal tiga bek tengah  Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott dan Rizky Ridho tangguh dalam menghadang serangan lawan.

Performa apik kiper timnas Indonesia Nadeo Argawinata juga turut menjaga gawang Indonesia tak kebobolan dengan melakukan lima kali penyelamatan penting.

Skuad Garuda yang mengandalkan serangan balik menciptakan kesempatan mencetak gol pada menit ke-43, tapi bola tendangan Saddil Ramdani dari luar kotak penalti ditepis penjaga gawang Yordania Yazed Abulaila.

Ketika paruh pertama laga nyaris berakhir, Indonesia hampir menciptakan skor saat lemparan ke dalam Pratama Arhan mengarah ke gawang dihalau pemain Yordania di garis gawang.

Belum genap empat menit babak kedua bergulir, Yordania memecah kebuntuan lewat gol Yazan Al-Naimat yang memanfaatkan dengan baik umpan silang mendatar dari Mousa Suleiman di depan gawang Indonesia.

Skor 1-0 untuk keunggulan Yordania membuat permainan kedua tim semakin terbuka. Indonesia beberapa kali menciptakan peluang gol, termasuk dari lemparan ke dalam Pratama Arhan yang mengenai mistar gawang pada menit ke-50.

Pada menit ke-79, Yordania mendapatkan hadiah tendangan penalti lantaran bek Indonesia Asnawi Mangkualam dianggap melanggar Mousa Suleiman di kotak terlarang. Mohammad Faisal maju sebagai eksekutor tetapi gagal melaksanakan tugasnya lantaran bola tendangannya bisa ditangkap dengan baik oleh Nadeo Argawinata.

Tidak ada gol lain tercipta setelah itu. Yordania pun memastikan kemenangan keduanya di Grup A setelah menaklukkan pula Nepal 2-0 dalam laga sebelumnya.

 

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement