Senin 13 Jun 2022 08:38 WIB

Ada Batu Nyelip di Roda Penjelajah NASA di Mars

Batu tersebut menempuh sejauh 8,5 kilometer dengan Perseverance.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
 Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.
Foto: nasa
Wahana penjelajah Planet Mars, Perseverance kembali menyelidiki batuan di Kawah Jezero di Mars.

REPUBLIKA.CO.ID, MANOA -- Penjelajah (rover) Perseverance Badan Antariksa Amerika (NASA) telah ditumpangi ‘batu’ yang terselip di dalam roda depan kirinya. Batu tersebut telah bersama Perseverance sejak awal Februari.

Sejauh ini batu tersebut menempuh sejauh 8,5 kilometer dengan Perseverance saat melintasi rumah Kawah Jezero di planet Mars.

Baca Juga

“Batu ini tidak merusak roda, tetapi sepanjang perjalanannya (tidak diragukan lagi bergelombang!), batu ini telah menempel dan muncul secara berkala di gambar Hazcam kiri kami,” Eleni Ravanis, kolaborator mahasiswa di misi Perseverance NASA dari University of Hawai’i di Mānoa, menulis dalam pembaruan, dilansir dari Space, Jumat (10/6/2022).

Menurut Ravanis, Perseverance mengambil batu kecil Mars pada 4 Februari, hari ke-341 rover (atau disebut hari Sol) di Planet Merah. Pada saat itu, Perseverance sedang menjelajahi formasi batuan yang disebut “Máaz” yang menurut para ilmuwan terdiri dari aliran lava kuno.

Sejak itu, Perseverance telah membawa batu itu ke utara melintasi lokasi pendaratannya, dinamai berdasarkan nama mendiang penulis fiksi ilmiah terkenal Octavia E. Butler. Perseverence kemudian ke barat melintasi sisa-sisa sebuah wilayah yang disebut “Kodiak”, sisa-sisa bekas delta di Jezero.

Rover saat ini berada di tengah-tengah apa yang disebut NASA sebagai Delta Front Campaign dan mungkin telah mengebor batuan sedimen Mars pertamanya.

“Batu kesayangan Perseverance sekarang jauh dari rumah,” tulis Ravanis.

“Mungkin saja batu itu jatuh di beberapa titik di sepanjang pendakian kita, di tepi kawah di masa depan. Jika itu terjadi, ia akan mendarat di antara bebatuan yang kami harapkan sangat berbeda dari dirinya sendiri.”

Jika itu terjadi, ahli geologi Mars masa depan mungkin akan sedikit bingung untuk menemukan batu yang begitu tidak pada tempatnya, tambah Ravanis.

Kejadian ini tidak asing dengan rover Mars NASA. Pada 2004, rover Spirit mengambil apa yang digambarkan Ravanis sebagai batu “seukuran kentang” di roda belakang kanannya yang akhirnya harus copot.

Rover Curiosity yang lebih tua yang akan merayakan tahun ke-10 di Mars pada Agustus, juga telah mengambil batu di roda usangnya sendiri sesekali saat melanjutkan misinya sendiri di Kawah Gale Mars.

“Meskipun tidak jelas secara pasti berapa lama batuan ini bertahan, mereka cenderung melompat setelah beberapa pekan,” tulis Ravanis. “Oleh karena itu, pendamping Perseverance saat ini sedang dalam perjalanan untuk membuat rekor pendakian di Mars!”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement