Senin 13 Jun 2022 09:32 WIB

Mulai Akrab dengan Kemenangan, Timnas Basket Makin Pede Arungi Uji Coba di Australia

Timnas dipersiapkan untuk ajang FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar 12-24 Juli 2022.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Timnas basket Indonesia.
Foto: Dok. Perbasi
Timnas basket Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sebelumnya kalah dalam laga ujicoba di pertandingan pertama saat try out di Australia, timnas basket putra Indonesia, mampu bangkit dan mencetak dua kemenangan beruntun. 

Hasil ini membuat tim asuhan Milos Pejic makin percaya diri. Masih ada tujuh laha uji coba lagi yang harus dijalani Arki Dikania Wisnu dan kawan-kawan selama try out di Negeri Kanguru tersebut. 

Baca Juga

Menghadapi Wyndham Basketball, Timnas Basket Indonesia menang 74-66, pada hari Sabtu (11/6/2022), waktu Australia. Selanjutnya pada hari Ahad (12/6/2022), Timnas Indonesia kembali meraih kemenangan dalam latih tanding di Australia. Menghadapi Eltham Wildcats, Indonesia menang 75-68. 

Dalam laga ini Prastawa tampil luar biasa. Dia mencetak mencetak 28 poin. Prastawa mencetak 6 tripoin dari 10 attempt. Selain Prastawa, Abraham juga tampil baik dengan catatan 14 poin. Kemudian Arki Dikania Wisnu membungkus 11 poin. Kapten tim Satria Muda Pertamina Jakarta ini menggantikan Brandon Jawato sebagai starter. 

Menanggapi dua penampilan terakhir, asisten pelatih timnas Indonesia, Wahyu Widayat Jati mengataka, kemenangan tersebut sangat penting bagi timnas. Sebab, bisa menaikkan level permainan mereka sekaligus membuat mental bertanding makin bagus. 

"Kemenangan ini untuk menambah kepercayaan diri," ungkap mantan pelatih CLS Knights Indonesia dan NSH Jakarta tersebut dilansir dari laman IBL Indonesia. 

Namun pria yang akrab disapa Coach Cacing tersebut masih melihat kelemahan timnas. Khususnya dari penguasaan bola. Turnovers misalnya, di game melawan Wydham, timnas melakukan 22 kali turnovers. "Overall sudah bagus, turn over masih tinggi. Kami harus bisa menurunkan turn over. Kemudian menambah agresif rebound dan komunikasi," katanya. 

Timnas masih punya jadwal tujuh game uji coba lagi di Australia. Para pemain harus bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk meningkatkan level permainan.

Timnas dipersiapkan untuk ajang FIBA Asia Cup 2022 yang akan digelar 12-24 Juli 2022 di Istora Senayan Jakarta. Di ajang ini Indonesia yang tergabung di grup A bersama Australia, Arab Saudi dan Jordania ditaget masuk 8 besar.

Namun sebelum itu timnas akan melakoni dua laga kualifikasi FIBA World Cup 2023 window tiga grup C. Yakni melawan Arab Saudi pada Jumat (1/7/2022) dan Senin (4/7/2022) lawan Jordania. Kedua laga digelar pukul 19.30 WIB di Istora Senayan Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement