Senin 13 Jun 2022 12:55 WIB

Timnnas Spanyol Semringah Bisa Pergi Berlibur Setelah Puncaki Klasemen Sementara

Kemenangan atas Ceska begitu berarti bagi tim Matador.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Pelatih kepala Spanyol Luis Enrique.
Foto: Martial Trezzini/Keystone via AP
Pelatih kepala Spanyol Luis Enrique.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Spanyol berhak naik ke puncak klasemen sementara Grup A2 UEFA Nations League (Liga Bangsa-bangsa) setelah mengamankan tiga poin dari kemenangan 2-0 atas Republik Ceska, Senin (13/6/2022) dini hari WIB. Gol dari Carlos Soler dan Pablo Sarabia memberikan tiket kemenangan tersebut, dan Spanyol duduk dengan delapan poin dari empat pertandingan. 

Finalis tahun lalu itu mampu mendominasi permainan sejak awal dan membuka skor ketika Soler mencetak gol dari jarak dekat pada menit ke-24 menyusul umpan brilian dari man of the match Marco Asensio. Pemain pengganti Sarabia memperbesar keunggulan Spanyol pada menit ke-75 setelah menyelesaikan serangan balik cepat. 

Baca Juga

"Saya senang untuk banyak pemain yang memainkan permainan hebat hari ini. Kami bisa menyelesaikan pertandingan di babak pertama dengan beberapa peluang lagi selain gol. Itu adalah pertandingan yang sulit dan kami harus bekerja untuk itu karena lawan kami bermain di level tinggi. Suasananya luar biasa dan saya ingin berterima kasih kepada para penggemar di Malaga," kata pelatih Spanyol Luis Enrique, Senin (13/6/2022). 

Enrique pun memberikan pujian kepada Gavi. Mantan pelatih Barcelona itu mengaku jatuh cinta dengan aksi bocah berusia 17 tahun tersebut. Enrique baru memainkan Gavi pada menit ke-59 sebagai pengganti Soler. Meski main dari bangku cadangan, Gavi lebih menghidupkan permainan Spanyol. Dia menilai, Gavi merupakan pemain masa depan Spanyol. 

"Dia seperti gunung berapi yang meletus. Pesan kemarin jelas telah menangkapnya dengan cepat. Saya sangat sulit untuk tidak jatuh cinta pada Gavi. Setiap penggemar ingin melihatnya bermain,” ujarnya. 

Sementara itu, gelandang pencetak salah satu gol kemenangan Spanyol, Carlos Soler memastikan dirinya dan tim sejak awal sudah bertekad untuk mengamankan posisi puncak sebelum pergi berlibur. Setelah itu, mereka lanjut mempersiapkan tim untuk dua pertandingan pada September mendatang. 

"Dua pertandingan di bulan September sangat penting dan akan berfungsi untuk menghidupkan kami dan membantu kami meningkatkan dan memoles banyak hal. Kami datang ke sini dengan mentalitas untuk menyelesaikan pertandingan ini sebagai yang pertama di grup sebelum pergi berlibur," kata Soler. 

"Kami telah tampil baik tetapi selalu ada hal-hal yang perlu ditingkatkan," kata dia menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement