Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Kanada Usul Peringatan Kesehatan Dicetak di Batang Rokok

Senin 13 Jun 2022 22:33 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Tembakau untuk rokok. Kanada Usul Peringatan Kesehatan Dicetak di Batang Rokok

Tembakau untuk rokok. Kanada Usul Peringatan Kesehatan Dicetak di Batang Rokok

Foto: ANTARA/Patrik Cahyo Lumintu
Penggunaan tembakau menjadi penyebab utama penyakit dan kematian dini di Kanada.

REPUBLIKA.CO.ID, OTTAWA -- Kanada mengusulkan agar peringatan kesehatan bisa dicetak pada setiap batang rokok. Kanada merupakan negara pertama di dunia yang melakukan ini, menurut seorang menteri federal pada Jumat (10/6/2022).

 

 

Baca Juga

Pada 2001, Kanada membuat terobosan baru secara global dengan mewajibkan gambar peringatan pada bungkus rokok. Menteri Kesehatan Mental dan Ketergantungan Carolyn Bennett mengatakan, langkah itu tidak mempan bagi 13 persen warga Kanada yang menjadi perokok akut.

 

“Menambahkan peringatan kesehatan pada masing-masing produk tembakau akan membantu memastikan pesan-pesan penting ini menjangkau orang-orang, termasuk kaum muda, yang sering mengakses rokok satu per satu dalam situasi sosial, menghindari informasi yang tercetak pada bungkusan," katanya kepada wartawan dilansir dari Channel News Asia, Sabtu (11/6/2022).

 

Terlepas dari upaya selama beberapa dekade, penggunaan tembakau tetap menjadi penyebab utama penyakit dan kematian dini yang dapat dicegah di Kanada. Rokok menewaskan sekitar 48 ribu orang setiap tahun.

 

“Periode konsultasi publik 75 hari akan dimulai pada 11 Juni dan ini akan menginformasikan perkembangan peraturan baru yang diusulkan,”tambahnya.

 

Langkah lain termasuk memperluas daftar risiko kesehatan yang ada yang tercetak pada bungkus rokok.

 

Rothmans Benson dan Hedges, unit Philip Morris International Kanada, mengatakan proposal itu tidak akan membantu mengurangi jumlah perokok.

 

“Kami percaya bahwa pilihan yang lebih baik dimulai dengan informasi yang lebih baik, dan jutaan perokok dewasa saat ini harus diberikan akses ke informasi yang tepat tentang alternatif," kata seorang juru bicara melalui email.

 

Dua vendor utama produk tembakau lainnya di Kanada adalah anak perusahaan dari British American Tobacco PLC dan Japan Tobacco Inc. Belum ada perusahaan bisa memberikan komentar mereka mengenai kebijakan baru ini. 

 

Rob Cunningham dari Canadian Cancer Society mengatakan tindakan tersebut harus dilaksanakan sesegera mungkin.

 

"Peringatan pada setiap batang rokok tidak bisa diabaikan begitu saja, terutama mengingat ada lebih dari 20 miliar batang rokok terjual setiap tahun di Kanada," katanya.

 

https://www.channelnewsasia.com/world/canada-world-first-proposes-health-warnings-individual-cigarettes-2740551

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile