Senin 13 Jun 2022 19:18 WIB

Haaland Beberkan Alasannya Bergabung Bersama Man City

Erling Haaland memiliki kedekatan emosional dengan Man City.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Penyerang Norwegia Erling Haaland (kanan) saat berselebrasi selepas menjebol gawang Swedia pada laga UEFA Nations League. Haaland resmi bergabung ke klub Inggris, Manchester City, awal Juni 2022 ini.
Foto: EPA-EFE/Christine Olsson
Penyerang Norwegia Erling Haaland (kanan) saat berselebrasi selepas menjebol gawang Swedia pada laga UEFA Nations League. Haaland resmi bergabung ke klub Inggris, Manchester City, awal Juni 2022 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Erling Haaland akhirnya resmi diperkenalkan sebagai rekrutan teranyar Manchester City. Penyerang asal Norwegia itu telah meneken kontrak berdurasi lima tahun bersama juara bertahan Liga Primer Inggris tersebut.

Kabarnya, penyerang berusia 21 tahun itu diboyong the Citizens dengan total biaya transfer mencapai 81 juta poundsterling. Besaran nilai transfer ini termasuk biaya pelepasan Haaland dari Borussia Dortmund, yang mencapai 51 juta poundsterling, dan bonus penandatangan kontrak, bonus agen pemain, dan sejumlah bonus lain.

Baca Juga

Selain Man City, Haaland sebenarnya sempat menjadi incaran utama sejumlah klub-klub besar Eropa. Mulai dari Barcelona, Real Madrid, Paris Saint-Germain (PSG), Manchester United, hingga Liverpool dilaporkan berharap bisa mendatangkan eks penyerang RB Salzburg tersebut.

Namun, Haaland akhirnya lebih memilih menerima pinangan the Citizens. Top skorer Liga Champions musim 2020/2021 itu pun membeberkan sejumlah alasannya untuk bergabung bersama Man City.

Selain alasan kedekatan emosional lantaran sang ayah, Alf Inge Haaland, pernah memperkuat Man City, Haaland menilai, gaya permainan yang diusung Pep Guardiola sesuai dengan karakter permainannya. Pemain yang mengawali karier bersama Molde itu cukup yakin, bisa mengembangkan kemampuannya bersama the Citizens.

Begitu pula dengan ambisi Haaland untuk bisa meneruskan performa impresif dan merengkuh berbagai trofi bergengsi.

''Saya lahir di Inggris. Hingga saat ini, saya masih menjadi fan klub ini. Saya sudah tahu banyak tentang klub ini. Akhirnya, dasar menerima pinangan Man City terletak pada dua hal," kata Haaland seperti dilansir laman resmi klub, Senin (13/6/2022). "Saya sudah merasa berada di rumah sendiri dan saya yakin bisa mengembangkan kemampuan saya sebagai pesepak bola. Saya menyukai gaya permainan menyerang. Jadi, kepindahan ini adalah langkah yang tepat.'

Tidak hanya itu, kehadiran sejumlah pemain kelas dunia, ditambah adanya sosok Pep Guardiola di kursi pelatih, membuat Haaland semakin yakin untuk menerima pinangan Man City. Pemain termuda yang mencetak total 50 gol di pentas Liga Jerman itu juga mengaku sudah tidak sabar untuk bisa segera bergabung bersama latihan pra-musim the Citizens.

''Ada begitu banyak pemain kelas dunia di tim ini dan Pep Guardiola adalah salah satu pelatih terbaik. Saya yakin sudah berada di tempat yang tepat untuk memenuhi ambisi saya. Saya begitu antusias dengan kepindahan ini dan sudah tidak sabar melakoni pra-musim,'' jelas Haaland.

Klasemen Premier League Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement