Alasan di Balik Pertumbuhan e-Groceries di Indonesia.

Red: Fernan Rahadi

Alasan e-Groceries kian diminati
Alasan e-Groceries kian diminati | Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pandemi yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun telah mengubah pola perilaku masyarakat, termasuk dalam memenuhi kebutuhan pokoknya. Dilansir dari data Google Trend yang baru-baru ini dirilis, terjadi peningkatan pencarian bahan pokok sebesar 24 persen pada Q1 2022 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Hal senada diungkapkan platform e-commerce asli Indonesia, Blibli. 

EVP Consumer Goods and Lifestyle Blibli, Fransisca Krisantia Nugraha mengungkapkan tren belanja kebutuhan pokok di Blibli telah terlihat bahkan sebelum pandemi. Permintaan kebutuhan dapur dan produk kategori Ibu dan Anak terus mengalami peningkatan sejak 2018.

"Hal ini menjadi alasan kami meluncurkan Bliblimart pada 2018. Sejak itu, Bliblimart senantiasa mendapatkan respons positif dari pelanggan, terlebih ketika memasuki masa pandemi," ujar Fransisca dalam siaran pers, Senin (13/6/2022). 

Meski dinilai tren ini akan memasuki fase stagnan, tak sedikit temuan yang menunjukkan hasil sebaliknya. Studi dari McKinsey & Company berjudul "Sentimen Konsumen Indonesia di Masa Krisis Corona" menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen konsumen di Indonesia berniat untuk terus menggunakan berbagai metode belanja baru, atau alternatif dari beli barang langsung di toko fisik, setelah pandemi Covid-19 mereda. 

Merujuk pada studi yang sama, pengintegrasian toko online dan offline atau yang kerap disebut Omnichannel juga makin diminati oleh konsumen. Kenyamanan belanja dengan konsep "buy online, pick up in-store" dinilai menjadi salah satu alasan dibalik pertumbuhan e-Groceries di Indonesia.

Menurut Fransisca, Omnichannel yang dipercaya sebagai masa depan ritel ini menawarkan kemudahan belanja online dan kenyamanan belanja offline di saat yang bersamaan. "Bliblimart, supermarket Omnichannel komprehesi didukung dengan kecepatan pengiriman, kelengkapan produk, harga dan penawaran terbaik," ujar Fransisca.

Ia memaparkan, Blibli menyediakan layanan Click & Collect yang memungkinkan pelanggan untuk membeli produk secara online dan mengambilnya langsung di toko fisik terdekat. Dengan begitu, pelanggan bisa mendapatkan produk terbaik langsung dari toko tanpa antre kapan pun waktu yang diinginkan. Apalagi, Click & Collect juga didukung dengan beragam metode pembayaran hingga cicilan 0 persen. 

Layanan Click & Collect bisa dinikmati untuk berbagai produk groceries di Bliblimart, termasuk di 68 outlet supermarket yang berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari Tbk yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, baik itu Ranch Market, Farmers Market, Farmers Family, The Gourmet, Day2Day, hingga Pasarina by Ranch.

Terkait


Pengguna Internet Gemar Riset Merek, Blibli: Sejalan dengan Animo

Blibi dan Jumpstart Rilis Vending Machine Produk UMKM

Ramaikan Lebaran, Pemprov Jateng-Blibli Gelar Bazar UMKM 

Produk Segar dan Fesyen Muslim Meningkat Drastis, Blibli Apresiasi Pelanggan

Perkuat Ekosistem Omnichannel, Founder Blibli Raih Indonesia Best CEO Awards 2022

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark