Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

Thursday, 20 Muharram 1444 / 18 August 2022

 

20 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Stasiun Geofisika Palu Survei Sesar Aktif di Mamuju

Senin 13 Jun 2022 12:34 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Gempa. Ilustrasi

Gempa. Ilustrasi

Foto: Reuters
Tim BMKG stasiun Geofisika Palu sudah melakukan survei langsung ke Mamuju.

REPUBLIKA.CO.ID, PALU -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Geofisika Palu dilibatkan dalam survei sesar aktif yang memicu gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat. "BMKG Geofisika Palu diperintahkan oleh BMKG Pusat untuk turun langsung mengecek dan melakukan survei," jelas Pengamat BMKG stasiun Geofisika Palu Cholid, ditemui di Palu, Senin (13/6/2022).

 

Cholid mengatakan tim BMKG stasiun Geofisika Palu sudah melakukan survei langsung dan mengambil data-data di Mamuju. "Data-data sudah kami kumpulkan, tinggal pengolahannya," sebutnya.

Baca Juga

Survei dan penelitian sesar aktif di laut Mamuju dilakukan BMKG pusat bersama BMKG stasiun Geofisika Palu dan Gowa, serta Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika wilayah IV Makassar. "BMKG Geofisika Palu turun melakukan survei makrozonasi dan mikrozonasi. Datanya sudah diambil tinggal proses pengolahannya," terangnya.

Menurut Cholid, sesar aktif yang memicu gempa di Mamuju sulit dideteksi seperti sesar Palu Koro yang panjangnya sudah terukur. "Sesar di bawah laut sulit diukur panjangnya. Sesar ini agak sulit dideteksi," kata Cholid.

Selain melakukan survei tersebut, pihak BMKG melakukan penelitian berdasarkan histori kegempaan yang terjadi di daerah tersebut. "Gempa bumi ini biasanya berulang, makanya kita lihat dari histori itu. Hasil survei kami nanti akan disiarkan oleh tim BMKG untuk diketahui masyarakat," demikian Cholid.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile