Senin 13 Jun 2022 23:32 WIB

Rakernas II PDIP akankah Usung Ganjar-Puan untuk Pilpres 2024?

Capres internal Ganjar-Puan diprediksi muncul dalam Rakernas II PDIP

Red: Nashih Nashrullah
Ketua Dewn Pembina Laskar Ganjar Puan (kedua dari kanan), Mochtar Muhammad, menilai capres internal Ganjar-Puan diprediksi muncul dalam Rakernas II PDIP
Foto: Dok Istimewa
Ketua Dewn Pembina Laskar Ganjar Puan (kedua dari kanan), Mochtar Muhammad, menilai capres internal Ganjar-Puan diprediksi muncul dalam Rakernas II PDIP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Juni merupakan bulan sakral bagi PDI Perjuangan. Dimana, lahirnya Pancasila yang merupakan pemikiran dari Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945. Kemudian pada tanggal 6 Juni 1901 merupakan hari larinya Bung Karno dan wafatnya Bung Karno pada tanggal 21 Juni 1970. 

Begitupula Rakernas II PDI Perjuangan, akan dilaksanakan pada tanggal 21 – 23 Juni 2022 yang akan di buka Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Puteri. 

Baca Juga

Ketua Dewan Pembina Laskar Ganjar-Puan, Mochtar Mohamad yang juga merupakan mantan Ketua Nasional Deklarasi Presiden Megawati -Prabowo 2009 mencermati situasi politik akhir-akhir ini.

Dirinya mengatakan, seluruh kader sangat taat terhadap Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Hj  Megawati Soekarno Puteri, apalagi mengenai penugasan kader di legislatif maupun eksekutif.  

Menurut Mochtar, berdasarkan hasil kontempelasi tentang pemikiran Bung Karno yang dikaitkan dengan momentum Pilpres. Bisa saja Megawati Soekarno Puteri akan memberikan sinyal penugasan Partai terhadap Mas Ganjar dan Mbak Puan di dalam internal Partai pada acara Rakernas II PDI Perjuangan 21-23 Juni 2022.  

"Mas Ganjar dan Mbak Puan akan hadir bersama Ibu Mega pada acara Rakernas II PDI Perjuangan tersebut," ujar Mochtar Mohamad, Senin (13/6/2022) dalam keterangan tertulisnya. 

Mochtar Mohamad menjelaskan, hasil survei Charta Politika periode 25 Mei–Juni yang dirilis hari ini, Senin (13 Juni 2022) disebutkan bahwa, simulasi 3 nama calon Presiden, elektabilitas Ganjar Pranowo sudah 36,5 persen, Prabowo Subianto sebesar 26,7 persen, dan Anies Baswedan sebesar 24,9% dan yang belum menentukan pilihan hanya sebesar 11, 9%.  

"Preferensi pemilih partai-partai yang ada di DPR RI terhadap Ganjar Pranowo disebutkan PDI Perjuangan sebesar 68,5 persen, Golkar 20 persen, Gerindra 2,4 persen, PKB 20,2 persen, Nasdem 31,7 persen, Demokrat 16,3 persen, PKS 2,4 persen, PAN 29,2 persen, dan PPP 31,3 persen.  Artinya hampir semua preferensi pemilih Partai-Partai di parlemen tersedot magnet Mas Ganjar Pranowo," imbuhnya. 

Dalam rapat DPP evaluasi panitia Musyawarah Nasional Laskar Ganjar hari ini, Ketua Umum Nawang Andi Kusuma menjelaskan bahwa, Munas LGP akan dibuka oleh putra sulung Bung Karno, Mohammad Guntur Soekarno Putera, Ahad (19 Juni 2022) di Istana Gebang Kota Blitar, Jawa Timur. 

Munas ini juga akan di ramaikan oleh pawai ratusan becak yang memakai seragam dan bendera Laskar Ganjar-Puan.     

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement