Selasa 14 Jun 2022 06:47 WIB

Rekomendasi BPOM untuk Adjuvan Pengobatan Covid 19

Dalam tiga pekan terakhir terjadi peningkatan kasus positif Covid 19..

Red: Natalia Endah Hapsari
Sejumlah pasien Covid-19 saat berolahraga di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. (ilustrasi)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pasien Covid-19 saat berolahraga di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Selama tiga pekan terakhir, terjadi kenaikan kasus positif dan kasus aktif Covid 19. Menurut juru bicara Satgas Covid 19, Wiku Adisasmito, kenaikan 571 atau 31 persen dari kasus tanggal 22 Mei 2022, yaitu 1.814 menjadi 2.385 kasus mingguan. Setelah itu terjadi kenaikan 328 atau 10 persen dari kasus aktif pada 2 Juni 2022, yaitu 3.105 menjadi 3.433 kasus aktif.

Menghadapi lonjakan kasus tersebut, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dengan terus disiplin memperkuat protokol kesehatan. "Terjadinya peningkatan kasus Covid-19 dalam tiga pekan terakhir menegaskan kembali pentingnya protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto pekan lalu.

Selain itu, Agus Suprapto juga menambahkan bahwa masyarakat juga perlu menjaga daya tahan tubuh dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat. "Setiap individu perlu tetap menjaga kebugaran. Salah satu upaya melawan virus adalah dengan kebugaran. Daya tahan tubuh harus terjaga dengan baik," katanya.

Mengonsumsi makanan dan minuman sehat menjadi suatu pola hidup yang harus diterapkan oleh banyak orang saat ini demi menjaga serta meningkatkan imunitas tubuh yang menurun. Tak hanya itu, perlu juga mengonsumsi vitamin dan suplemen yang berbahan herbal dan tidak memberikan efek samping bagi tubuh.  

Salah satunya Herbamuno+ yang merupakan suplemen herbal hasil inovasi PT Mustika Ratu Tbk. Dalam satu kapsul Herbamuno+ terkandung lima herbal asli Indonesia sebagai imunomodulator yang secara empiris terbukti khasiatnya untuk tubuh manusia. 

Beberapa bahan yang terbukti khasiatnya dan teruji klinis BPOM di antaranya sambiloto yang berkhasiat sebagai antivirus, antiradang, antinyeri, dan penurun demam. Ada pula akar manis yang berkhasiat sebagai antinyeri, antiradang, meredakan batuk berdahak, dan meredakan sesak napas. Sedangkan meniran dipercaya memiliki khasiat sebagai imunomodulator dan menyehatkan hati serta jahe emprit yang berkhasiat untuk mengatasi mual, imunomodulator, dan menyehatkan pencernaan (gastroprotector). Sementara daun jambu berkhasiat sebagai anti nyeri, melegakan pernapasan (bronkodilator), dan meredakan diare.

Kombinasi dari lima kandungan bahan dasar alami tersebut dipercaya mampu menjadi racikan yang optimal. Selain itu, pada 2021 Herbamuno+ juga telah direkomendasikan dan mendapatkan pendampingan BPOM dalam uji klinis sebagai adjuvan pengobatan Covid 19 di Rumah Sakit Darurat Covid Wisma Atlet Jakarta.

sumber : antara/siaran pers
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement