Selasa 14 Jun 2022 13:08 WIB

5 Trik Menjaga Pola Makan Sehat dengan Biaya Hemat 

Pola makan seimbang sangat penting untuk mengurangi kemungkinan penyakit.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Buncis. Buncis adalah salah satu makanan sehat yang murah.
Foto: pixabay.com
Buncis. Buncis adalah salah satu makanan sehat yang murah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mempertahankan pola makan yang seimbang sangat penting. Pola makan seimbang sangat penting untuk mengurangi kemungkinan penyakit pernapasan, diabetes, kanker, stroke dan penyakit jantung koroner. 

Dilansir dari news18 pada Selasa (14/6), ada banyak cara Anda dapat mengikuti diet sehat tanpa terlalu banyak stres keuangan.

Baca Juga

Berikut lima cara yang harus Anda ikuti yaitu: 

1. Sertakan Kacang-Kacangan

Anda bisa memasukkan buncis dalam diet Anda. Buncis kaya akan protein dan merupakan alternatif ekonomis untuk daging, unggas, dan makanan laut.  Sarat dengan serat, vitamin dan mineral, buncis menawarkan berbagai manfaat kesehatan, seperti pencernaan yang lebih baik.

2. Hindari Membeli Makanan yang Diproses

Hindari makanan seperti kue, makanan kemasan dan minuman manis. Makanan mahal ini sering kekurangan nutrisi bermanfaat dan tinggi sodium atau gula tambahan. Dengan menghindari makanan olahan, Anda dapat membelanjakan lebih banyak untuk pilihan makanan kaya nutrisi seperti buah dan sayuran.

3. Makan Telur

Telur adalah sumber asam amino esensial dan merupakan salah satu makanan yang paling bergizi.  

4. Beli Produk Segar Musiman

Membeli buah dan sayuran musiman adalah strategi cerdas untuk memastikan Anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang untuk diet sehat. Membeli buah dan sayuran musiman dari pasar lokal hemat biaya.

5. Sertakan Buah Buahhan Kering

Buah-buahan kering adalah bagian penting dari diet yang sehat dan seimbang. Namun, buah-buahan kering seperti almond dan kenari sangat mahal harganya. Kacang tanah adalah alternatif yang bagus untuk kacang ini karena mengandung lemak, protein dan mineral yang baik.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement