Selasa 14 Jun 2022 22:43 WIB

Dinas Peternakan Garut Sarankan Warga Qurban dengan Sapi Lokal

Sapi luar Garut masih dibatasi karena wabah PMK

Red: Nur Aini
Petugas melakukan peneriksaan terhadap hewan yang diduga terjangkit PMK di wilayah Kabupaten Garut.
Foto: Dok. Diskominfo Kabupaten Garut
Petugas melakukan peneriksaan terhadap hewan yang diduga terjangkit PMK di wilayah Kabupaten Garut.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyarankan masyarakat memanfaatkan sapi lokal untuk kebutuhan ibadah qurban saat Hari Raya Idul Adha. Hal itu karena stoknya melimpah dan sehat selama masih darurat wabah penyakit mulut dan kuku (PMK).

"Sebaiknya masyarakat bisa memanfaatkan sapi lokal untuk qurban, karena sapi luar masih dibatasi lalu lintasnya, karena PMK," kata Kepala Diskanak Kabupaten Garut Sofyan Yani di Garut, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga

Ia menuturkan pemerintah masih memberlakukan batasan lalu lintas hewan ternak khususnya sapi dari luar daerah masuk ke Kabupaten Garut untuk mencegah penularan wabah PMK. Selama adanya batasan pendistribusian sapi dari luar daerah itu, kata Sofyan, masyarakat tidak perlu khawatir kekurangan sapi untuk qurban, karena populasi sapi lokal cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Sapi lokal banyak di Garut, meskipun memang harganya lebih unggul (tinggi) daripada harga sapi dari luar," katanya.

Ia menyebutkan populasi sapi potong di Garut tercatat sebanyak 28 ribu ekor tersebar di sejumlah kecamatan seperti Pameungpeuk daerah selatan, dan juga daerah utara Garut. Jumlah sapi potong itu, kata dia, cukup melimpah jika dibandingkan dengan kebutuhan qurban tahun 2021 tercatat sebanyak 2.500 lebih ekor sapi.

"Jadi kebutuhan masyarakat Garut itu sekitar 10 persenan kebutuhannya dari populasi sapi lokal kita yang mencapai 28 ribuan," katanya.

Ia menambahkan selain sapi, ada juga domba dan kambing yang populasinya lebih banyak hampir 1 juta, sedangkan kebutuhan masyarakat saat Idul Adha tahun sebelumnya sekitar 6 ribuan. Ia berharap adanya wabah PMK yang membatasi datangnya sapi dari luar daerah itu bisa memberikan keuntungan bagi peternak lokal Garut pada momentum Idul Adha nanti karena akan banyak masyarakat membeli sapi lokal.

"Ini bisa jadi suatu keberuntungan dan kesempatan peternak lokal untuk menjual ternaknya saat Idul Adha nanti," katanya.

Ia menambahkan seluruh ternak lokal untuk qurban tetap mendapatkan pengawasan dan pemeriksaan kondisi kesehatannya sebelum dijual ke pasaran. Sesuai aturan pemerintah maupun agama, kata dia, hewan qurban harus dalam kondisi sehat, terutama tidak terjangkit wabah PMK.

"Tentunya semua hewan qurban akan diperiksa kesehatannya, dan diberi kalung sebagai tanda sehat," katanya.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَا يَسْتَوِى الْقَاعِدُوْنَ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ غَيْرُ اُولِى الضَّرَرِ وَالْمُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْۗ فَضَّلَ اللّٰهُ الْمُجٰهِدِيْنَ بِاَمْوَالِهِمْ وَاَنْفُسِهِمْ عَلَى الْقٰعِدِيْنَ دَرَجَةً ۗ وَكُلًّا وَّعَدَ اللّٰهُ الْحُسْنٰىۗ وَفَضَّلَ اللّٰهُ الْمُجٰهِدِيْنَ عَلَى الْقٰعِدِيْنَ اَجْرًا عَظِيْمًاۙ
Tidaklah sama antara orang beriman yang duduk (yang tidak turut berperang) tanpa mempunyai uzur (halangan) dengan orang yang berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwanya. Allah melebihkan derajat orang-orang yang berjihad dengan harta dan jiwanya atas orang-orang yang duduk (tidak ikut berperang tanpa halangan). Kepada masing-masing, Allah menjanjikan (pahala) yang baik (surga) dan Allah melebihkan orang-orang yang berjihad atas orang yang duduk dengan pahala yang besar,

(QS. An-Nisa' ayat 95)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement