Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

Sunday, 10 Jumadil Awwal 1444 / 04 December 2022

10 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Dua Lintasan Baru Penyeberangan Dibuka, ASDP Lakukan Persiapan

Selasa 14 Jun 2022 23:56 WIB

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka dua jalur baru peneyeberangan yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan akan segera melakukan berbagai persiapan dan strategi.     Sejumlah pemudik berada di kapal menuju Pulau Jawa, di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022). (ilustrasi)

Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka dua jalur baru peneyeberangan yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan akan segera melakukan berbagai persiapan dan strategi. Sejumlah pemudik berada di kapal menuju Pulau Jawa, di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Sabtu (30/4/2022). (ilustrasi)

Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Dirjen perhubungan darat telah melakukan sosialisasi tarif penyeberangan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka dua jalur baru peneyeberangan yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memastikan akan segera melakukan berbagai persiapan dan strategi. 

“Persiapan dilakukan dalam mendukung pengoperasian Pelabuhan Jangkar mulai dari kesiapan infrastruktur jalan, infrastruktur dermaga, armada kapal penyeberangan, kesisteman, dan sumber daya,” kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (14/6/2022). 

Baca Juga

Dia memastikan persiapan dilakukan secara bersama-sama antara Kementerian Perhubungan, Pemerintah Daerah Situbondo, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan BPH Migas. Begitu juga dengan para stakeholder terkait lainnya.

Shelvy mengapresiasi dukungan penuh terhadap pelaksanaan sosialisasi KM 85 Tahun 2022 dan KM 88 Tahun 2022 pada lintas Penyeberangan Jangkar-Lembar. Hal tersebut sebagai tindak lanjut rencana pengoperasian lintasan baru layanan ferry jarak jauh dengan rute Jangkar (Situbondo, Jawa Timur) - Lembar (Nusa Tenggara Barat).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub dan ASDP Indonesia Ferry (Persero) juga sudah melakukan sosialisasi tarif penyeberangan lintas Jangkar - Lembar. “Sosialisasi tarif dan rencana pengoperasian ini sebagai bukti dukungan nyata pemerinyag terhadap komitmen ASDP dalam mengelola operasional Pelabuhan Penyeberangan Jangkar dalam mendukung program pemerintah untuk terus berperan menjaga konektivitas jalur antarpulau,” ungkap Shelvy. 

Dia menambahkan, sosialisasi tersebut juga menjadi tindak lanjut dari MoU ASDP dengan Pemkab Situbondo. Khususnya daam rencana pengoperasian Pelabuhan Jangkar pada 3 Juni 2022z 

Pelabuhan Jangkar terletak di Desa Jangkar, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pelabuhan tersebut sebagai pelabuhan utama lintas penyeberangan regional (dalam Provinsi) yang memiliki beberapa tujuan ke Kabupaten Sumenep. 

Pelabuhan Jangkar memiliki satu unit dermaga ferry mooring dolphin 5000 GT, parkir siap muat kendaraan kapasitas sekitar 300 unit kendaraan, terminal penumpang berukuran 460 meter persegu yang mampu menampung sekitar 500 orang, dan kapasitas parkir pengantar/penjemput sekitar 100 unit kendaraan. Adapun lintasan eksisting yang dilayani Pelabuhan Jangkar, yakni Jangkar - Kangean 88 mil, Jangkar - Kalianget 45 mil, dan Jangkar - Raas 82 mil. 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile