Rabu 15 Jun 2022 12:45 WIB

6 Makanan Sehat yang Harus Dikonsumsi Setiap Hari

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting untuk diet seimbang.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sayuran  (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Sayuran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mengonsumsi makanan sehat sangat penting. Dilansir dari healthcleveandclinic pada Rabu (15/6/2022), untuk mengikuti diet seimbang, Anda ingin makan berbagai makanan dari kelompok berikut secara teratur.  

Berikut makanan yang sehat dan dapat dikonsumsi setiap hari yaitu :

Baca Juga

1. Sayuran

Makan sayuran adalah kunci diet sehat.  Sayuran berdaun hijau adalah pilihan yang sangat sehat.  Bayam, misalnya, memberi Anda vitamin K dan A, folat, magnesium, zat besi dan serat.

2. Buah-Buahan

Buah-buahan juga merupakan makanan sehat. Namun, tidak semua buah diciptakan sama. Misalnya, mangga mengandung gula yang tinggi, jadi Anda harus membatasi konsumsi mangga.

3. Protein

Protein sangat penting untuk membangun otot dan tulang yang kuat. Namun, tidak semua jenis protein memberi Anda manfaat kesehatan yang sama.

Misalnya, protein hewani mengandung jumlah kolesterol dan lemak jenuh yang lebih tinggi. Keduanya dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung. Protein nabati, sebaliknya, memberi Anda manfaat bergizi tanpa banyak kerugian.

4. Kedelai

Kedelai seperti edamame adalah cara yang bagus untuk mendapatkan protein. Kacang hijau kecil adalah sumber vitamin C, zat besi, potasium, dan serat yang baik. Anda bisa makan edamame yang dihaluskan ke dalam saus atau dalam bentuk mentahnya.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar dan ubi biasa memiliki nilai gizi yang sebanding.  Namun, ubi jalar penuh dengan beta karoten, kalsium dan vitamin A, dan secara mengejutkan memiliki karbohidrat dan kalori yang lebih rendah.

6. Lemak Omega 3

Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang sangat penting untuk kesehatan jantung, otak dan mata.  Ikan, seperti salmon dan tuna, memiliki kandungan lemak sehat ini, meskipun para ahli memperingatkan untuk berhati-hati agar tidak berlebihan pada makanan laut. Sebab, jenis ikan tertentu mengandung merkuri yang tinggi, yang tidak aman untuk anak-anak dan orang yang sedang hamil dan menyusui. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement