Rabu 15 Jun 2022 13:09 WIB

BTS akan Vakum, Suga: Tidak Berarti Bubar

Personel BTS akan mengisi masa vakum dengan mengejar karier solo.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop BTS membuat penampilan khusus di konferensi pers Gedung Putih, sebelum bertemu Presiden AS Joe Biden, Selasa (31/5/2022) waktu AS. BTS akan hiatus dan fokus pada karier solo.
Foto: EPA-EFE/Oliver Contreras / POOL
Grup K-pop BTS membuat penampilan khusus di konferensi pers Gedung Putih, sebelum bertemu Presiden AS Joe Biden, Selasa (31/5/2022) waktu AS. BTS akan hiatus dan fokus pada karier solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Grup K-pop BTS pada Selasa (14/6/2022) mengumumkan bahwa mereka akan vakum sementara untuk fokus pada karier solo masing-masing. BTS menyelesaikan Festa 2022 sebagai perayaan tahunan untuk peringatan debut dengan merilis video, di mana mereka berbagi makanan dan membuat pengumuman penting tentang masa depannya.

"Kita akan hiatus sekarang. Haruskah kita berbicara tentang mengapa kita tidak melakukan Festa (tahun ini) dan mengapa kita tidak membuat banyak konten baru? Kita harus berbicara tentang arah yang kita ambil," kata Suga memulai percakapan, dilansir Soompi, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga

RM kemudian berbicara tentang perjuangannya dengan identitas BTS dalam beberapa tahun terakhir. "Sampai 'ON' dan 'Dynamite', saya merasa seperti grup BTS ada di tangan saya. Tapi saat kami melakukan 'Butter' dan 'Permission to Dance', saya tidak benar-benar tahu grup seperti apa kami lagi," ujar RM.

RM melanjutkan dengan berbicara tentang betapa padat dan sibuknya kehidupan idola. Dia mengatakan tidak memiliki waktu untuk mengembangkan kemampuan diri.

"Bukan hanya dalam hal keterampilan saya, tetapi sebagai manusia. Saya orang yang sangat berbeda dari diri saya 10 tahun yang lalu, dan saya perlu waktu untuk berpikir dan menjadi diri saya sendiri, sehingga pikiran itu dapat matang menjadi sesuatu yang unik bagi saya," kata RM.

Setelah menghabiskan 10 tahun bersama BTS, RM mengatakan dia ingin tahu orang seperti apa dirinya, grup seperti apa BTS, mengapa dia ada di sana, apa arti anggota lain baginya, dan jalan yang harus BTS ambil di masa depan. "Saya perlu mengingat hal-hal ini saat melakukan wawancara dan menulis lirik. Tapi mulai dari titik tertentu, saya belum yakin kelompok seperti apa kami," ujar RM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement