Rabu 15 Jun 2022 19:23 WIB

Kremlin: Komunikasi dengan AS Harus Berlanjut

Situasi saat ini dinilai tak memungkinkan mengembalikan hubungan AS-Rusia jadi baik.

Rep: Lintar Satria/ Red: Friska Yolandha
Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan komunikasi dengan Amerika Serikat (AS) masih sangat
Foto: EPA
Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan komunikasi dengan Amerika Serikat (AS) masih sangat "penting".

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Juru bicara pemerintah Rusia Dmitry Peskov mengatakan komunikasi dengan Amerika Serikat (AS) masih sangat "penting". Pernyataan ini disampaikan saat Rusia melanjutkan perangnya di Ukraina.

"Komunikasi itu penting, di masa depan kami akan tetap memiliki komunikasi," kata Peskov di konferensi pers, Rabu (15/6/2022) ketika ditanya pada wartawan tentang hubungan AS-Rusia.

Baca Juga

"AS tidak kemana-mana, Eropa tidak kemana-mana, jadi entah bagaimana kami akan berkomunikasi dengan mereka," tambahnya.

Hubungan Rusia dan negara-negara Barat berada di titik terendahnya sejak berakhirnya Perang Dingin. Bahkan sebelum Moskow mengirimkan puluhan ribu pasukannya ke Ukraina dalam apa yang Kremlin sebut sebagai "operasi militer khusus."

Barat meresponnya dalam berbagai sanksi yang tidak pernah diberlakukan sebelumnya. Presiden AS Joe Biden juga berjanji menjadikan Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai "paria" di panggung dunia. Rusia menuduh Washington menggelar "perang ekonomi."

Peskov mengatakan situasi saat ini membuat kedua negara "tidak mungkin" kembali ke apa yang ia sebut sebagai "semangat Jenewa". Ia mengacu pada pertemuan Biden dan Putin pada tahun 2021.

"Apakah mungkin kembali ke semangat Jenewa, ketika terdapat sedikit harapan? Hampir tidak, tidak mungkin kami dapat menikmati harapan lama ketika melihat apa yang kami lihat sekarang," katanya.

Peskov mengatakan komunikasi antara dua negara di masa depan akan berdasarkan "saling percaya dan menguntungkan." AS dan Rusia merupakan negara kekuatan nuklir terbesar. "Ini bukan topik untuk cakrawala jangka pendek," katanya. 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ
Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.

(QS. Al-Baqarah ayat 275)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement