Kamis 16 Jun 2022 09:08 WIB

Gedung Putih akan Segera Umumkan Pengiriman Senjata ke Ukraina

Bantuan senjata baru dari Amerika senilai 1 miliar dolar AS untuk Ukraina

Rep: Lintar Satria/ Red: Esthi Maharani
 Seorang anggota keamanan tim penyelamat medis membersihkan senjatanya di wilayah oblast Donetsk, Ukraina timur, Sabtu, 4 Juni 2022.
Foto: AP/Bernat Armangue
Seorang anggota keamanan tim penyelamat medis membersihkan senjatanya di wilayah oblast Donetsk, Ukraina timur, Sabtu, 4 Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Salah satu sumber mengatakan Gedung Putih akan segera mengumumkan bantuan senjata baru senilai 1 miliar dolar AS ke Ukraina. Termasuk sistem roket anti-kapal, roket artileri, dan amunisi untuk howitzers.

Kabar tentang bantuan terbaru ini muncul usai Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin bertemu dengan sekutu-sekutu Washington di Brussels. Paket terbaru dapat dipecah ke dua kategori.

Satu barang-barang lebih dari gudang AS dan kedua senjata yang dianggarkan Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina. Sebuah program terpisah yang kewenangannya diberikan oleh Kongres.  

Senjata yang mungkin akan dikirimkan antara lain lebih banyak roket Sistem Peluncur Multi Roket (MLRS) dan amunisi artileri untuk howitzer M777 dan suku cadangnya.

Washington juga diperkirakan akan mengirimkan rudal anti-kapal Harpoon berbasis darat, kacamata dan memberi pelatihan untuk pasukan Ukraina. Gedung Putih menolak untuk memberi komentar.

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement