Kamis 16 Jun 2022 10:38 WIB

Xi Jinping Telpon Putin Sampaikan China akan Terus Dukung Rusia

Xi mengatakan Beijing siap untuk meningkatkan koordinasi dengan Moskow

Red: Esthi Maharani
Presiden Xi Jinping pada Rabu (15/6/2022) mengatakan China akan terus mendukung kedaulatan dan keamanan Rusia
Presiden Xi Jinping pada Rabu (15/6/2022) mengatakan China akan terus mendukung kedaulatan dan keamanan Rusia

REPUBLIKA.CO.ID., ISTANBUL -- Presiden Xi Jinping pada Rabu (15/6/2022) mengatakan China akan terus mendukung kedaulatan dan keamanan Rusia, sebuah dorongan yang disambut baik oleh Moskow yang semakin terisolasi dan terkucil.

“China bersedia mendukung dan memperkuat koordinasi strategis dengan Rusia mengenai isu-isu kepentingan inti dan keprihatinan bersama tentang kedaulatan dan keamanan,” kata Xi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin melalui percakapan telepon, lapor media China.

Ini adalah percakapan telepon kedua kedua presiden itu sejak Rusia melancarkan perangnya terhadap Ukraina pada 24 Februari, yang disebut Moskow sebagai “operasi militer khusus.”

Negara-negara Barat yang dipimpin oleh Uni Eropa dan AS telah menghujani kritik dan hukuman terhadap Rusia, menjadikannya negara yang paling terkena sanksi di dunia saat ini.

Beijing menolak untuk secara langsung mengutuk tindakan Moskow, sambil bersikeras pada dialog dan langkah-langkah diplomatik untuk menyelesaikan konflik.

Xi menegaskan kembali bahwa China “selalu membuat penilaian independen berdasarkan sejarah dan manfaat dari masalah itu sendiri,” ungkap harian Global Times yang dikelola pemerintah China.

Dia juga mengulangi seruannya untuk “semua pihak agar secara bertanggung jawab mendorong penyelesaian yang tepat dari krisis Ukraina,” menambahkan bahwa Beijing tetap “siap untuk terus memainkan perannya dalam hal ini.”

Dia juga mengatakan kepada Putin bahwa China “bersedia untuk meningkatkan koordinasi” di forum multilateral termasuk di PBB, BRICS dan Organisasi Kerjasama Shanghai, kata laporan media itu

 

Piala Dunia U-17 Indonesia mulai berlangsung sejak 10 November hingga 2 Desember 2023. Segera beli dan dapatkan tiket resmi pertandingan Piala Dunia U-17 di Jakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya
di laman https://www.tickets-u17worldcup.com/matches

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement