Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

Tuesday, 11 Muharram 1444 / 09 August 2022

11 Muharram 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sulsel akan Fasilitasi Sertifikat Halal IKM Kawasan Kuliner

Kamis 16 Jun 2022 20:55 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perindustrian berencana memfasilitasi industri kecil menengah (IKM) pada beberapa kawasan kuliner untuk mengantongi sertifikat halal melalui Program Sertifikat Halal Gratis 2023.

Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perindustrian berencana memfasilitasi industri kecil menengah (IKM) pada beberapa kawasan kuliner untuk mengantongi sertifikat halal melalui Program Sertifikat Halal Gratis 2023.

Foto: Tahta Aidilla/Republika
Pemprov Sulsel gelar program Sertifikat Halal Gratis 2023 yang menyasar IKM

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perindustrian berencana memfasilitasi industri kecil menengah (IKM) pada beberapa kawasan kuliner untuk mengantongi sertifikat halal melalui Program Sertifikat Halal Gratis 2023.

"Tahun ini kita fasilitasi 350 IKM. Tahun depan baru akan direalisasikan dan direncanakan pada IKM kuliner sepanjang jalan protokol, tergantung anggaran," ujar Kepala Dinas Perindustrian Sulawesi Selatan Ahmadi Akil di Makassar, Kamis (17/6/2022).

Kawasan kuliner yang dimaksud ialah sejumlah pusat kuliner yang berada di sepanjang jalur jalan protokol Provinsi Sulsel.Seperti Pusat Kuliner Dange di Kabupaten Pangkep, Kuliner Jagung Rebus di Kabupaten Barru dan Kabupaten Takalar, Kuliner Aroepala di Jalan Hertasning dan Kuliner Pasar Segar di Kota Makassar.

"Tahun ini kita petakan dulu IKM yang mana, karena semuanya akan ditentukan anggaran. Tapi Gubernur Sulsel telah menargetkan 1.000 IKM peroleh sertifikat halal tahun depan," ungkap Ahmadi.

"Jika kita telah fasilitasi tapi belum memenuhi persyaratan, maka selanjutnya akan dibina dan menyampaikan hal-hal yang belum terpenuhi," tambahnya.

Ahmadi Akil menyebut, tahun 2022 ini baru dimulai untuk kawasan kuliner di Lego-lego Makassar. Sebanyak 350 IKM juga akan difasilitasi untuk memperoleh sertifikat halal gratis.

Menurut Ahmadi, sertifikat halal sangat penting karena merupakan persyaratan pelaku IKM bisa menembus pasar modern maupun internasional."Dengan memiliki sertifikat halal, ini berarti produk yang dimiliki memenuhi syarat. Selain itu untuk menjangkau pasar ritel, harus disertai sertifikat halal yang dijamin kehalalannya hingga higienitasnya," katanya.

Pemprov Sulsel sendiri menerima penghargaan nasional Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2021 dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) predikat Terbaik untuk kategori Best Halal Program Support. Pemprov mendukung program nasional dalam hal kehalalan industri dan pentingnya sertifikasi halal.

Seluruh pembiayaan sertifikasi dibiayai oleh Pemprov Sulsel dan pembinaannya berkesinambungan.Program unggulan Sertifikasi Halal Gratis ini dengan keunggulan mulai dari proses pendaftaran dibantu penuh oleh klinik halal, verifikasi dokumen dibantu untuk pemenuhan syarat, pendampingan dimulai saat audit oleh lembaga pemeriksa halal/PPH sampai penerbitan BPJPH.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
hide ads show ads
desktop mobile