Jumat 17 Jun 2022 09:11 WIB

Pengadilan Rusia Denda Google 260 Ribu Dolar karena Langgar Aturan Data

Youtube dan Google diduga terlibat dalam perang informasi melawan Rusia.

Red: Agus raharjo
Logo Google di depan Google (Ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/JOHN G. MABANGLO
Logo Google di depan Google (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW--Pengadilan di Moskow, Rusia, mengatakan telah mendenda Google Alphabet sebesar 15 juta rubel (260 ribu dolar Amerika) karena berulang kali gagal mematuhi undang-undang Rusia. Google Alphabet dituduh melanggar kewajiban perusahaan teknologi untuk melokalisir data pengguna.

Rusia telah mengeluarkan beberapa denda kepada perusahaan teknologi asing dalam beberapa tahun terakhir atas berbagai pelanggaran. Hal ini dilakukan dalam apa yang dikatakan para kritikus adalah upaya Moskow untuk melakukan kontrol yang lebih besar atas internet.

Baca Juga

Google menolak berkomentar. Rusia telah membatasi akses ke Twitter dan jaringan sosial unggulan Meta Platform Incs, Facebook serta Instagram. Tetapi Google dan layanan hosting video YouTube-nya, meskipun di bawah tekanan, tetap tersedia untuk saat ini.

Moskow keberatan dengan perlakuan YouTube terhadap media Rusia, yang telah diblokirnya. Tetapi Anton Gorelkin, wakil kepala komite Duma Negara untuk kebijakan informasi, mengatakan perusahaan AS itu belum berisiko mengalami nasib yang sama.

"Pemblokiran adalah tindakan ekstrem dan Youtube dan Google belum melewati batas kewajaran ini, tetapi mereka terlibat dalam perang informasi melawan Rusia," kata Gorelkin kepada wartawan di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg.

Pengadilan Distrik Tagansky Moskow mengatakan telah menjatuhkan denda atas apa yang digambarkan sebagai kegagalan berulang Google untuk menyimpan data pribadi pengguna Rusia dalam basis data di wilayah Rusia. Google memindahkan beberapa karyawan dari Rusia setelah Moskow mengirim pasukan ke Ukraina pada akhir Februari.

Aplikasi berbagi foto LikeMe didenda 1,5 juta rubel untuk pelanggaran pertama. LikeMe tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Kemampuan Google untuk membayar dapat terhambat karena anak perusahaannya di Rusia mengumumkan rencana untuk mengajukan kebangkrutan pada Mei setelah pihak berwenang menyita rekening banknya.

Gorelkin mengatakan Google tidak dapat menjadi pemimpin global tanpa operasi di Cina dan menunjuk Yandex, sering disebut sebagai jawaban Rusia untuk Google, sebagai pesaing yang layak. "Saya yakin Google akan tetap berada di Rusia jika tidak melewati batas," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement