Jumat 17 Jun 2022 13:17 WIB

Trik Ampuh Biar Browsing di Google Lebih Akurat

Hasil pencarian Google makin akurat berkat kecerdasan buatan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Google search
Foto: mashable
Google search

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sejauh ini Google merupakan situs web populer di internet dengan lebih dari 92,5 miliar. Mesin pencari Google telah membantu pengguna berselancar di internet sejak tahun 1998. Selama bertahun-tahun, hasil pencariannya menjadi semakin akurat dan dipersonalisasi berkat munculnya kecerdasan buatan dan pembelajaran mesin.

Namun, dengan lebih dari dua triliun pencarian yang dilakukan di Google setiap hari, tidak semua hasil akurat sesuai permintaan pengguna. Jika Anda ingin menemukan apa yang Anda butuhkan dengan cepat dan efektif, Anda perlu memanfaatkan beberapa trik sederhana, dikutip Daily Star, Jumat (17/6/2022):

Baca Juga

Cara mencari berdasarkan lokasi atau periode waktu

Menemukan hasil pencarian yang tepat berarti memfilter semua miliaran jawaban secara efektif. Mencari sesuatu di Google berdasarkan lokasi dapat membantu Anda melacak dengan mudah apa yang Anda cari jika Anda tahu di mana sesuatu terjadi atau di mana seseorang mungkin berada.

Untuk menemukan laman yang terkait dengan lokasi atau tempat tertentu, Anda hanya perlu menambahkan Location ke penelusuran Anda. Misal, jika Anda ingin mencari informasi tentang klub swingers di London, Anda dapat mengetik “Lokasi klub swingers:London.”

Atau jika Anda mencari berita atau situs web yang terkait dengan periode waktu tertentu, Anda dapat memfilter hasil berdasarkan waktu. Cukup ketik dua titik penuh di antara dua tanggal.

Menelusuri dengan frasa, nama, atau judul tertentu

Cara ini sangat mudah dilakukan. Pertama memasukkan istilah Anda dalam tanda kutip ganda. Misal, jika Anda ingin mencari halaman yang menyebutkan Man Utd, Anda hanya perlu menulis: "Man Utd.”

Anda bisa menggunakan simbol + untuk menggabungkan dengan frasa lain. Jadi, jika Anda benar-benar ingin mengetahui lebih banyak tentang makanan favorit Tyson Fury, Anda dapat mencari "Tyson Fury"+"diet".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement