Polresta Banyumas-UMP Gelar Vaksinasi Lanjutan bagi Mahasiswa

Red: Muhammad Fakhruddin

 Kapolresta Banyumas dan Rektor UMP memantau pelaksanaan vaksinasi di Auditorium Ukhuwah Islamiyyah UMP, Jumat (17/6/22).
Kapolresta Banyumas dan Rektor UMP memantau pelaksanaan vaksinasi di Auditorium Ukhuwah Islamiyyah UMP, Jumat (17/6/22). | Foto: Republika/Idealisa masyrafina

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas bersama Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar vaksinasi lanjutan bagi mahasiswa dan masyarakat umum dalam rangka Hari Bhayangkara 2022.

Kegiatan yang dikemas dalam acara "Serbuan Vaksin" itu digelar di Auditorium Ukhuwah Islamiyah UMP di Purwokerto, Jumat (17/6/2022), yang dipantau secara virtual oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo S Prabowo saat menghadiri Bakti Kesehatan dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-76 di Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Dalam pengarahannya, Kapolri mengharapkan kegiatan Bakti Kesehatan tersebut benar-benar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan.

Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama mengantisipasi perkembangan pandemi COVID-19 walaupun sekarang sudah mulai diberikan pelonggaran. "Namun saran kita untuk masyarakat karena ada varian baru, untuk vaksinasi 'booster' (penguat) kita galakan kembali," kata Kapolri.

Baca Juga

Saat ditemui di sela acara, Rektor UMP Dr. Jebul Suroso mengatakan kegiatan vaksinasi tersebut merupakan yang keempat kalinya digelar di perguruan tinggi Muhammadiyah itu. "Kalau dengan jajaran Kepolisian, ini yang ketiga. Kami sukseskan program vaksinasi dan ini bersamaan dengan peringatan Hari Bhayangkara Ke-76," katanya.

Ia mengatakan UMP bersama Polri dan seluruh pemangku kepentingan berkomitmen untuk benar-benar melakukan upaya percepatan penanganan COVID-19. Selain pelaksanaan vaksinasi, kata dia, UMP dalam mendukung percepatan penanganan COVID-19 telah melakukan berbagai aktivitas, salah satunya penyediaan Rumah Sakit Darurat COVID-19.

"Prinsip, UMP dalam peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 ini, kamisukseskan untuk program vaksinasi untuk keluarga besar UMP, untuk masyarakat Banyumas dan sekitarnya tanpa memandang mereka siapa, mudah-mudahan sehat," katanya.

Lebih lanjut, Rektor UMP mengatakan pihaknya mensyaratkan bagi mahasiswa yang hendak mengikuti perkuliahan tatap muka harus sudah mendapatkan suntikan vaksin penguat.

Berdasarkan data, kata dia, mahasiswa UMP yang telah mendapatkan vaksin penguat sekitar 70 persen dari totalmahasiswa yang mencapai 15.000 orang. "Ini komitmen kami sesuai arahan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah bersama MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) mewajibkan kita untuk ke sana. Jadi kita selesaikan, kita tuntaskan, sehingga kekebalan umum masyarakat nanti terbentuk," kata Rektor.

Sementara itu, Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu mengatakan dalam vaksinasi tersebut, pihaknya menyediakan 2.000 dosis vaksin.

Menurut dia, vaksinasi tersebut tidak hanya untuk mahasiswa, tapi juga terbuka bagi masyarakat umum. "Ini merupakan rangkaian dari kegiatan peringatan Hari Bhayangkara Ke-76 yang telah kami laksanakan sejak tanggal 7 Juni 2022. Total yang telah kami vaksin mulai dari tanggal 7 Juni itu sekitar 24.550 orang," katanya.

Pihaknya menyediakan tiga jenis vaksin, sehingga kegiatan vaksinasi itu tidak hanya untuk pemberian vaksin penguat. Selain di UMP, kata dia, pihaknya pada hari Jumat (17/6) juga menggelar kegiatan vaksinasi secara serentak di setiap kepolisian sektor bekerja sama dengan pemerintah kecamatan dan koramil setempat.

"Mereka menjemput warga untuk mengikuti vaksinasi di puskesmas yang ada di kecamatan-kecamatan. Jadi, ini kami laksanakan secara serentak," kata Kapolresta.

 

sumber : Antara
Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id

Terkait


Vaksinasi Covid-19 Booster di Mapolsek Jagakarsa

Riset Sebut Ada 623 Juta Serangan Ransomware pada 2021

Pemerintah Diminta Mempercepat Capaian Dosis Ketiga

Kemenkes Intensifkan Pelacakan Subvarian Omicron

Jelang Libur Sekolah, KAI Tetap Syaratkan Vaksinasi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark