Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

 

30 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

7 Tanda Kanker Prostat yang Terlihat dari Kebiasaan Buang Air Kecil

Jumat 17 Jun 2022 11:40 WIB

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah

Gejala kanker prostat bisa muncul dari perubahan kebiasaan buang air kecil.

Gejala kanker prostat bisa muncul dari perubahan kebiasaan buang air kecil.

Foto: www.freepik.com.
Gejala kanker prostat bisa muncul dari perubahan kebiasaan buang air kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gejala kanker prostat bisa tidak terlihat selama bertahun-tahun karena penyakit ini berkembang perlahan. Gejala kanker prostat juga bisa muncul dengan meningkatnya dorongan untuk buang air kecil atau mengejan saat melakukannya.

 

Hal itu terjadi ketika kanker menyebabkan prostat menjadi cukup besar untuk memengaruhi kandung kemih. NHS menyarankan untuk tidak mengabaikan gejala tersebut, meskipun itu bukan berarti seseorang menderita kanker prostat.

Baca Juga

Satu dari delapan pria di Inggris menderita kanker prostat dalam hidup mereka. Tetapi ketika didiagnosis pada tahap paling awal, 100 persen orang akan bertahan dari penyakit ini selama lima tahun atau lebih.

Ahli Urologi dari Men's Health Clinic Kingston, Petr Holy, menjelaskan gejala utama yang harus dikenali ketika sedang buang air kecil, serta bagaimana pengobatan bisa bekerja jika telah didiagnosis kanker prostat.

Sekitar 78 persen dari mereka didiagnosis akan bertahan selama 10 tahun atau lebih, tetapi peluang untuk bertahan hidup sangat bergantung pada seberapa dini mereka didiagnosis. Jika seseorang memiliki salah satu dari tujuh gejala berikut, maka harus segera ke dokter untuk skrining antigen spesifik prostat.

 

1. Kesulitan buang air kecil

2. Penurunan kekuatan dalam aliran urin

3. Darah dalam urin

4. Darah dalam air mani

5. Sakit tulang

6. Berat badan menurun

7. Disfungsi ereksi

 

“Perubahan kebiasaan buang air kecil kadang-kadang bisa menjadi masalah sementara, yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti diet dan gaya hidup. Mereka juga bisa menjadi salah satu tanda pertama dari masalah prostat,” kata Holy.

Kebelet untuk buang air kecil, sering buang air kecil, aliran yang lambat atau terputus, dan perasaan masih ingin buang air kecil bahkan ketika sudah selesai, adalah beberapa tanda bahaya yang paling umum. Pilihan pengobatan dan rekomendasi untuk kanker prostat bergantung pada beberapa faktor. Itu termasuk jenis dan stadium kanker, kemungkinan efek samping, dan preferensi pasien, serta kesehatan secara keseluruhan.

“Kanker prostat dapat diobati secara efektif jika terdeteksi cukup dini, dan diagnosis dini sering kali mengarah pada hasil yang lebih baik,” tutur Holy lebih lanjut.

Menurut NHS, kanker prostat biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun sampai kanker telah tumbuh cukup besar, untuk memberi tekanan pada tabung yang membawa urin dari kandung kemih keluar dari penis (uretra). Karena tidak ada cara untuk mengetahui apakah seseorang menderita kanker prostat atau tidak, para pria disarankan untuk menemui dokter umum jika menunjukkan gejala penyakit yang sudah disebutkan sebelumnya.

Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile