Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image Sulaiman nur Rahman

9 Ide Hiasan Rumah Low Budget Dijamin Estetik

Gaya Hidup | Friday, 17 Jun 2022, 10:59 WIB

Hiasan rumah sangat berperan untuk membuat ruangan dan rumah menjadi nyaman ditempati. Simak ide hiasan rumah yang sedang trend beserta tips dan harganya.

Punya tempat tinggal dengan desain dan dekorasi sesuai keinginan pasti jadi impian banyak orang. Ada banyak desain rumah seperti gaya minimalis, industrial, scandinavian dan lainnya yang bisa diterapkan. Selain desain, ada aspek penting lain yang bisa diperhatikan, yaitu jenis hiasan rumah.

Memilih hiasan rumah yang tepat akan membuat ruangan menjadi indah, estetik dan nyaman. Jenis hiasan juga harus disesuaikan dengan tema maupun bentuk ruangannya. Jika ingin tema scandinavian, kamu bisa menggunakan jenis hiasan rumah bahan kayu dan aksesoris lain dengan warna coklat atau putih.

Nah bagi yang sedang cari inspirasi hiasan rumah, berikut kami bagikan contoh hiasan kekinian dan dijamin bikin tampilan rumah makin keren.

Hiasan Dinding Rumah

Menambahkan hiasan dinding rumah terbukti membuat nuansa ruangan menjadi lebih hidup. Hiasan dinding akan menjadi pusat perhatian ketika sedang melintas atau berada di ruangan yang terdapat hiasan dinding.

Memilih hiasan dinding biasanya disesuaikan dengan tema ruangan yang diinginkan. Misalnya ingin nuansa alami, bisa ditambahkan lukisan atau gambar pemandangan. Sedangkan bagi yang beragama islam banyak yang memilih gambar Ka'bah untuk menampilkan nuansa islami.

Selain itu masih banyak jenis hiasan dinding yang bisa digunakan untuk membuat ruangan semakin cantik, seperti berikut ini:

Cermin

Cermin termasuk hiasan dinding yang populer baik untuk jenis rumah minimalis maupun jenis rumah ukuran besar. Pasalnya cermin bisa memberikan kesan luas pada ruangan. Apalagi saat ini sudah banyak jenis cermin hias yang bisa kamu pilih untuk dekorasi dinding, diantaranya :

● Cermin hias gantung rotan

● Cermin dinding capiz flower

● Cermin hias ukiran jati

● Cermin hias hexagonal

● Cermin bulat minimalis

Rak Dinding

Rak dinding saat ini sedang banyak digemari, karena bentuknya yang makin unik dan minimalis. Rak dinding merupakan salah satu hiasan dinding yang selain menambah estetik rumah juga berfungsi untuk menyimpan barang-barang unik, seperti mug, buku dan action figure.

Rak dinding hias bisa kamu dapatkan mulai dari Rp 13 ribuan saja, yaitu untuk jenis rak hexagonal atau segi enam. Masih banyak jenis rak dinding lain yang bisa kamu pilih sesuai keinginan, seperti, rak ambalan kayu dengan tali rami, rak dinding minimalis gantung, rak dengan gantungan besi minimalis, rak gantungan kunci dinding dan masih banyak lagi jenisnya.

Hiasan Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan ruangan yang banyak diperhatikan oleh pemilik rumah. Pasalnya ruangan ini akan menjadi kesan tersendiri kepada tamu yang datang.

Bagi yang sedang merancang ruang tamu estetik, harus coba lihat hiasan rumah yang sedang tren, seperti dibawah ini.

Hiasan Quote

Hiasan quote bisa kamu pilih jika ingin menampilkan kesan bold dan tetap minimalis. Selain berfungsi sebagai hiasan ruangan, quote yang tertulis juga membuat kamu selalu mengingat prinsip atau nasehat yang disampaikan.

Hiasan quote memang tepat untuk tipe ruangan minimalis, karena bentuknya yang berupa kotak dengan bingkai kayu yang dipernis, background putih dan tulisan warna hitam, senada dengan desain interior rumah minimalis.

Jenis hiasan quote banyak dijual melalui marketplace seharga Rp 10 ribuan saja.

Tanaman Hias Ruang Tamu

Ada beberapa rekomendasi tanaman hias ruang tamu, yaitu:

● Peace Lily

● Lidah mertua

● Aglonema

● Lavender

● Anggrek

● Palem kuning dan masih banyak lagi.

Jenis tanaman hias di atas termasuk tanaman indoor yang mudah perawatannya. Supaya makin cantik tanaman tersebut memang harus rutin dibersihkan. Daunnya bisa diberi cairan daun khusus untuk menyehatkan dan mengkilaukan, sedangkan potnya bisa dicuci dengan mudah menggunakan tapas cuci.

Hiasan Dapur

Dapur biasanya jadi tempat yang sering dikunjungi oleh anggota keluarga, setelah ruang keluarga. Makanya nggak heran, kalau di beberapa rumah menyediakan space besar untuk ruang dapurnya. Apalagi bagi ibu rumah tangga yang suka masak di dapur, tentu akan lebih lama berada di dapur.

Supaya pengalaman masak dan beberes dapur jadi makin semangat, tidak ada salahnya untuk menambahkan beberapa dekorasi ruang dapur berikut ini:

Stiker Dapur Anti Minyak

Stiker ini memang terbuat khusus untuk ruang dapur, terutama yang berdekatan dengan wastafel dan kompor. Pasalnya kebanyakan bagian tersebut sering kotor karena terkena bekas cucian piring atau letupan minyak goreng dan kuah masak.

Sekarang nggak perlu khawatir lagi, karena bisa pakai stiker dapur anti minyak 3D. Desain stiker yang populer adalah desain marmer dan keramik bata warna putih.

Permukaan stiker bersifat 3D dan terbuat dari bahan berkualitas membuatnya mudah dibersihkan. Cukup dilap menggunakan tapas cuci, air sabun cuci piring dan lap microfiber, dijamin bersih seketika.

Frame Kitchen

Hiasan poster/tulisan kitchen unik bisa kamu pajang di dapur, hiasan ini bikin suasana dapur makin indah dan estetik. Jika diibaratkan wajah, frame poster kitchen ini dianggap sebagai sentuhan makeup. Hiasan frame kitchen banyak dijual di marketplace lokal seharga Rp 50 ribuan.

Hiasan Kamar Tidur

Kamar tidur termasuk ruangan yang paling sering dikunjungi, sehingga menghias kamar tidur memang disarankan, untuk menambah kualitas kenyamanan saat istirahat. Ada banyak opsi hiasan kamar tidur seperti hiasan macrame, lampu estetik atau hiasan dinding kaligrafi.

Lampu Kamar Tidur

Lampu kamar tidur digunakan untuk menggantikan lampu utama kamar yang sangat cerah. Pasalnya pada saat tidur dianjurkan untuk menggunakan pencahayaan yang mini, supaya tubuh bisa istirahat dengan total.

Lampu kamar tidur biasanya memiliki bentuk yang unik dan minimalis. Selain itu lampu khusus kamar tidur ini juga tersedia dengan fitur sensor cahaya. Jadi ketika kamar tidak ada pencahayaan, otomatis lampu ini akan menyala.

Warna lampu kuning yang hangat bisa jadi solusi bagi yang sering insomnia atau susah tidur. Karena pancaran lampu kuning dianggap bisa membuat mata menjadi mudah ngantuk.Lampu hias kamar tidur bisa kamu dapatkan dengan harga berkisar Rp 30 ribuan saja.

Hiasan Kamar Mandi

Hiasan kamar mandi yang kami bagikan kali ini nggak hanya memenuhi unsur estetik belaka, melainkan juga ada manfaatnya. Misalnya tanaman hias, rak gantungan,

Tanaman Kamar Mandi

Tanaman untuk kamar mandi berfungsi untuk menambahkan kesan alami dan beberapa jenis tanaman juga bisa membantu menyerap lembab. Contoh tanaman untuk kamar mandi yang banyak dipakai diantaranya:

● Sirih Gading

● Lidah Mertua

● Lidah Buaya

● Tanaman Hias Bambu

Kaca dan Tirai Pembatas

Kaca merupakan salah satu unsur dekorasi kamar mandi yang membuat kamar mandi terlihat luas. Sedangkan kaca dan tirai juga bermanfaat untuk menghalangi bagian lantai basah dan kering di kamar mandi.

Selain memperhatikan jenis hiasan rumah di atas, kamu juga harus memperhatikan kebersihannya. Supaya tidak perlu repot dalam perawatan, cukup rutin membersihkan hiasan dengan bantuan air, lap microfiber dan tapas cuci berkualitas.

Tapas cuci memang efektif untuk membersihkan permukaan tanpa khawatir menggores barang atau hiasan. Cocok untuk membersihkan permukaan plastik, kayu dan keramik. Kamu bisa mendapatkan alat-alat tersebut di tempat jual tapas cuci dari Solusi Kebersihan.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image