Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

 

29 Safar 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Nasdem Sodorkan Anies, Andika, dan Ganjar untuk Bentuk Koalisi

Jumat 17 Jun 2022 23:49 WIB

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Muhammad Fakhruddin

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pidato dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Pada penutupan Rakernas Partai Nasdem tersebut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan 3 nama bakal calon presiden hasil dari hasil Rakernas yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo   Prayogi/Republika

Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menyampaikan pidato dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022). Pada penutupan Rakernas Partai Nasdem tersebut Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan 3 nama bakal calon presiden hasil dari hasil Rakernas yaitu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Prayogi/Republika

Foto: Prayogi/Republika.
Tiga nama tersebut akan jadi bagian dari penawaran Partai Nasdem kepada partai lain.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Partai Nasdem telah memilih tiga kandidat calon presiden (capres) berdasarkan hasil rapat kerja nasional (Rakernas), yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Muhammad Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

 

Selanjutnya, tiga nama tersebut akan menjadi bagian dari penawaran Partai Nasdem kepada partai-partai lain dalam membentuk koalisi untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Baca Juga

"Ini kan masih cair kan dan tentu mana magnet yang paling kuat, mana sinyal yang paling banyak. Nah biar kita tidak susah sinyal kan, nanti koalisinya dikerucutkan berdasarkan sinyal," ujar Sekretaris Steering Committee (SC) Rakernas Partai Nasdem, Willy Aditya di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat (17/6/2022) malam.

Berdasarkan hasil pemilihan umum (Pemilu) 2019, Partai Nasdem meraup suara sebanyak 9,05 persen. Angka tersebut belum memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen.

"Pak Surya tadi mengatakan, boarding pass saja kami belum mempunyai, baru separuh tiket. Nah separuh tiket ini yang akan menjadi modal dasar dalam berkomunikasi membangun koalisi dengan partai-partai lain," ujar Willy.

Ia mengungkapkan, sudah ada beberapa partai yang berkomunikasi dengan Partai Nasdem setelah pengumuman nama bakal capres Anies, Andika, dan Ganjar. Terbaru, Partai Nasdem akan menggelar pertemuan dengan salah satu partai untuk membahas hasil Rakernas tersebut.

"Semua partai kita jajaki, tadi sudah ada komunikasi informal dengan salah satu partai. Ya saya sampaikan tadi, minggu depan akan berkunjung, bersilaturahmi ke Partai Nasdem, dan mungkin berikutnya banyak partai yang lain," ujar Willy.

Partai Nasdem juga akan menjalin komunikasi personal dengan tiga kandidat capres tersebut. Termasuk dengan Ganjar yang sebelumnya menegaskan bahwa dirinya adalah kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Proses pertama adalah keputusan Rakernas akan kami serahkan dan sejauh ini tentu kami akan mendengarkan respon dari yang bersangkutan. Kedua adalah komunikasi kultural, komunikasi emosional, personal approach tentu akan kami bangun dengan tiga kandidat tersebut," ujar Ketua DPP Partai Nasdem itu.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile