Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

 

8 Rabiul Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Sedang Berlibur di Yogyakarta? Ini Tiga Rekomendasi Wisata di Kulon Progo

Sabtu 18 Jun 2022 00:05 WIB

Red: Nora Azizah

Wisatawan berenang di kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedhut, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisatawan berenang di kawasan wisata Air Terjun Kedung Pedhut, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Kulon Progo menjadi salah satu wilayah yang bisa dikunjungi saat di Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia. Salah satu wilayah yang bisa dikunjungi saat sedang berwisata adalah Kabupaten Kulon Progo. Di kabupaten ini ada sejumlah tempat wisata yang bisa memanjakan mata para pengunjung karena keindahan budaya serta alamnya.

 

"Kulon Progo diuntungkan dengan culture dan nature-nya. Jadi budayanya sangat kuat dan alamnya sangat mendukung. Itulah modal kami untuk kemudian kami kembangkan," kata Joko Mursito selaku Kepala Dinas Parwisata Kulon Progo saat dijumpai, belum lama ini.

Baca Juga

Joko menjelaskan bahwa pihaknya ingin mengemas pariwisata di Kulon Progo layaknya "spaghetti yang dikemas dengan daun pisang". "Kami ingin seperti gudeg yang dikemas dengan kaleng atau spaghetti yang dikemas dengan daun pisang. Maknanya adalah kami ingin kearifan lokal itu kita angkat betul-betul dengan kemasan internasional, atau isinya internasional tapi kemasannya tradisional," ujar Joko.

"Itu analogi agar memudakan kami dan teman-teman bergerak di bidang pariwisata," imbuhnya.

Berikut tiga destinasi wisata alam dan budaya yang bisa dikunjungi masyarakat di daerah Kulon Progo.

 

Perkebunan Teh Gumilir

Desa wisata Purwosari merupakan tempat yang bisa Anda kunjungi saat berwisata di Kulon Progo. Di sana, Anda bisa melihat-lihat perkebunan Teh Gumilir. 

Teh lokal premium dari petani lokal ini memiliki rasa yang unik dan khas. Sebab, mereka memetik 3 helai daun teh teratas (pucuk) untuk menjaga kualitasnya. 

Setelah dipetik, daun pun harus langsung diproses sangrai dengan alat khusus. Proses ini pun dapat memakan waktu 8 jam. Tak hanya bisa melihat perkebunannya, wisatawan juga dapat melihat proses pembuatan teh dan mencicipi teh-nya langsung.

 

Sungai Mudal

Selain mengunjungi kebun teh, Anda juga dapat mengunjungi Sungai Mudal. Selain menikmati pemandangan air terjun yang indah, pengunjung juga dapat berenang. 

Ekowisata Sungai Mudal ini berlokasi di Jatimulyo, Kepanewon atau Kelurahan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Sungai Mudal ini dapat dikunjungi pukul 09.00 pagi hingga 16.00 WIB. Pengunjung juga hanya dikenakan biaya Rp10.000 saat mengunjungi tempat ini. Tak hanya berenang dan menikmati pemandangan, di sini Anda juga dapat berkemah dan menginap di homestay.

 

Menikmati Sajian Pentas "Sugriwa Subali" di Goa Kiskendo

Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati sepenggal kisah tentang Sugriwa dan Subali. Tarian, nyanyian serta kisahnya akan menghibur para wisatawan yang hadir di sana. Kisah inilah yang menyertai goa sehingga warga memiliki daya tarik besar atas objek wisata ini.

Selain menikmati pentas sendra tari tentang Sugriwa dan Subali saja. Pengunjung juga dapat melakukan susur goa, bermain di taman bermain, hingga menikmati keindahan taman bunga. Keindahan tempat ini pun sangat cocok untuk obyek berfoto.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f

 

 

BERITA LAINNYA

 

 

hide ads show ads
desktop mobile