Empat Keutamaan Orang yang Berdiam di Masjid dan Membaca Alquran

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

 Sabtu 18 Jun 2022 09:30 WIB

Ilustrasi membaca Alquran. Berdiam diri di masjid dan membaca Alquran mempunyak keutamaan besar Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA Ilustrasi membaca Alquran. Berdiam diri di masjid dan membaca Alquran mempunyak keutamaan besar

Berdiam diri di masjid dan membaca Alquran mempunyak keutamaan besar

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Berbahagialah orang-orang yang senantiasa istiqamah dalam membaca Alquran sehingga hati hamba tersebut selalu terpaut dengan Allah SWT. 

Pimpinan Majelis Rasulullah SAW, Habib Nabiel Al Musawa, menjelaskan ada sejumlah keutamaan yang akan diperoleh orang-orang yang senang berkumpul di masjid untuk membaca dan mempelajari Alquran.  

Baca Juga

Pertama, orang yang senang berada di masjid dan membaca serta mempelajari Alquran akan mendapatkan ketenangan. "Tidaklah ada satu kaum yang mereka itu suka membaca ayat-ayat Allah SWT. Mungkin dia berdikir atau dia baca quran atau dia baca shalawat kecuali dia itu akan diturunkan ketenangan," kata Habib Nabiel kepada Republika.co.id beberapa hari lalu. 

Kedua, orang yang senang berada di masjid dan membaca serta mempelajari Alquran akan mendapat rahmat Allah SWT, orang yang senantiasa membaca Alquran akan selamat hidup di dunia dan di akhirat karena rahmat Allah SWT. Seluruh urusannya akan dipermudah dan senantiasa diliputi keberkahan.  

"Jadi bukan saja akhirat melainkan juga dunianya, rezekinya, ketenangannya, keharmonisan rumah tangganya, keberkahan hidupnya, kepintarannya, kecerdasannya, dijauhkan dari macam-macam bala dan lain. Begitulah orang kalau sudah dihujani rahmat Allah SWT itu," kata Habib Nabiel.  

Ketiga, orang yang senang berada di masjid dan membaca dan mempelajari Alquran akan mendapat penjagaan malaikat. Allah akan malaikat-malaikat untuk mengelilingi orang yang membaca Alquran. Lalu menurut Habib Nabiel para malaikat itu akan memohon kepada Allah agar memberikan ridho bagi orang yang membaca Alquran tersebut.  

Keempat, orang yang senang berada di masjid dan membaca dan mempelajari Alquran sangat dibanggakan Allah SWT bahkan Allah SWT menyebut-nyebut nama orang-orang yang sering membaca Alquran itu. Keterangan ini sebagaimana menukil hadits Nabi Muhammad SAW:   

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ، وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ، إلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ »  رَوَاهُ مُسْلِمُ 

Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul dalam salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), untuk membaca Alquran dan mempelajarinya, kecuali akan diturunkan kepada mereka ketenangan, dan mereka dilingkupi rahmat Allah, para malaikat akan mengelilingi mereka dan Allah akan menyebut-nyebut mereka di hadapan makhluk-Nya yang berada didekat-Nya (para malaikat).” (HR Muslim)   

BACA JUGA: Ikuti News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id

Berita Lainnya

Cara Allah Kabulkan Doa
Jangan Berlaku Zalim