Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

13 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

ASDP Siap Sinergi dengan Pemprov Banten

Sabtu 18 Jun 2022 09:39 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Gita Amanda

Sejumlah kapal Ferry yang hendak berlabuh berada di kawasan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Pihak PT ASDP Indonesia Ferry menambahkan jumlah kapal yang dioperasikan untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni. (ilustrasi)

Sejumlah kapal Ferry yang hendak berlabuh berada di kawasan Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Pihak PT ASDP Indonesia Ferry menambahkan jumlah kapal yang dioperasikan untuk melayani penyeberangan Merak-Bakauheni. (ilustrasi)

Foto: ANTARA/Muhammad Bagus Khoirunas
ASDP siap mendukung agar layanan sektor transportasi di wilayah Banten berkembang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Banten. Khususnya dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan layanan transportasi penyeberangan bagi masyarakat pengguna jasa lintas Merak-Bakauheni.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi dalam pertemuan dengan Gubernur Banten Al Muktabar beserta jajaran Pemprov Banten mengatakan, akan bersinergi dalam mendukung pengembangan dan penataan Provinsi Banten. "Ini khususnya untuk melayani masyarakat khususnya di sektor layanan transportasi termasuk angkutan penyeberangan yang menjadi backbone antara Pulau Jawa dan Sumatra" kata Ira dalam pernyataan tertulisnya.

Dia menjelaskan, layanan kapal ferry di lintas Merak-Bakauheni yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatra menjadi barometer layanan penyeberangan di Tanah Air. Ira menyebut jumlah load factor penumpang dan angkutan barang sangat tinggi pada lintasan tersebut.

"Kami akan bersinergi dan terus meningkatkan koordinasi khususnya dalam peningkatan layanan angkutan penyeberangan di lintas Merak-Bakauheni sehingga dapat mengakses moda penyeberangan dengan lancar, aman, nyaman dan selamat," ucap Ira.

Dia memastikan, ASDP siap mendukung agar layanan sektor transportasi di wilayah Banten dan sekitarnya dapat berkembang lebih optimal dan menghadirkan layanan prima bagi seluruh masyarakat. Salah satu yang menjadi fokus perhatian adalah kelancaran akses transportasi masyarakat pada saat arus mudik, baik saat Angkutan Lebaran dan Natal Tahun Baru mendatang.

Sementara iu, Gubernur Banten Al Muktabar menilai diperlukan koordinasi dan sinergi yang kuat dalam membangun Indonesia melalui wilayah Banten. Terlebih wilayah Cilegon dan Merak merupakan pintu gerbang dari Jawa menuju Sumatra.

Muktabar menyampaikan, kondisi kemacetan yang terjadi saat arus mudik Angkutan Lebaran 2022 lalu menjadi pelajaran. Untuk itu harus mencari langkah solutif agar dapat diantisipasi dengan baik.

Salah satu yang direncanakan dengan menambah jumlah rest area sebagai tempat perhentian masyarakat. "Ini diharapkan dapat mengakomodir masyarakat atau pengguna jasa sebelum tiba di pelabuhan," ungkap Muktabar.

Diketahui, jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang di lintas Merak-Bakauheni dalam kondisi normal sebanyak 8.000 unit per hari. Sebagai perbandingan, saat puncak arus mudik Lebaran 2022, jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang pada H-3 mencapai 37.600 unit kendaraan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile